Kecantikan & Kebugaran

Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab jerawat batu

Selasa, 18 Mei 2021 | 14:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab jerawat batu

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab jerawat batu yang perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak jenis jerawat yang bisa Anda alami, salah satunya jerawat batu. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab jerawat batu.

Dengan begitu, cara menghilangkan jerawat batu yang sesuai bisa Anda temukan dengan mudah.

Mengutip dari In Style, jerawat batu lebih banyak terbentuk karena perubahan hormon dalam tubuh. Hormon meningkatkan produksi minyak kulit sehingga bakteri yang terperangkap dalam pori-pori pun semakin banyak.

Selain perubahan hormon dalam tubuh, tentu saja masih banyak faktor lain yang memicu kemunculan jerawat batu. Misalnya, penumpukan sel kulit mati, stres, dan konsumsi makanan atau minuman tertentu.

Stres

Perubahan hormon tidak hanya terjadi saat Anda menstruasi atau hamil. Hal itu juga bisa terjadi saat Anda stres. Stres memicu hormon untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Maka dari itu, Anda perlu mengatur stres dengan baik. Lakukan hobi atau kegiatan lain yang membuat tubuh dan pikiran Anda rileks.

Baca Juga: Dari bahan alami, berikut 4 cara menghilangkan jerawat di punggung

Produk olahan susu

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi produk olahan susu termasuk salah satu penyebab jerawat batu? Menurut sebuah penelitian, partisipan berusia tujuh hingga 30 tahun yang mengonsumsi produk olahan susu mengalami peningkatan risiko jerawat batu.

Jumlah hormon yang terkandung dalam susu sapi bisa jadi salah satu hal yang meningkatkan produksi sebum di kulit Anda. Hal itulah yang membuat jerawat batu rentan muncul di kulit Anda.

Untuk menghindari kondisi kulit yang semakin parah, cobalah untuk membatasi atau tidak mengonsumsi produk olahan susu sama sekali.

Makanan manis dan asam

Mengonsumsi minuman manis termasuk salah satu penyebab jerawat batu.

Makanan dan minuman manis juga termasuk salah satu penyebab jerawat batu, lo. Menurut In Style, terlalu banyak mengonsumsi makanan asam bisa menimbulkan jerawat. Apalagi, jika jerawat muncul di bagian pipi.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan jerawat di punggung ini perlu Anda tahu

Penumpukan sel kulit mati

Salah satu ciri-ciri jerawat batu adalah jerawat seperti terpendam dan sulit untuk dibersihkan. Salah satu obat jerawat batu yang perlu Anda coba adalah menggunakan eksfoliator. Eksfoliasi digunakan untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Cobalah untuk menggunakan eksfoliator secara rutin. Misalnya, eksfoliasi dengan bahan kimia atau bahan alami. Seiring berjalannya waktu, sel kulit mati akan hilang sehingga jumlah minyak yang terperangkap dalam kulit bisa berkurang.

Selanjutnya: Bisa jadi obat jerawat, ini 4 Manfaat jeruk nipis untuk wajah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru