5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Kamis, 08 Desember 2022 | 08:04 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan, Wajib Tahu

ILUSTRASI. Jika seseorang rutin mengonsumsi air putih setiap pagi, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Minum air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika seseorang rutin mengonsumsi air putih setiap pagi, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan.

Berikut adalah lima manfaat minum air putih di pagi hari, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic dan Medical News Today:

1. Untuk menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Misalnya, sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dewasa muda.

Sebuah studi di 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 mililiter (ml) air sebelum makan selama 12 minggu.

Baca Juga: Tanpa obat! Begini cara mengatasi asam lambung naik secara alami

Para peneliti sebagian mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Meningkatkan suasana hati

Minum air juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Baca Juga: Cegah gula darah tinggi, cukup ubah kebiasaan ini

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu – yang biasanya minum air dalam jumlah besar – mengurangi asupan air mereka, mereka mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan kepuasan, dan pengurangan ketenangan dan emosi positif.

Sebuah studi 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan gejala kelelahan.

Dengan pemikiran ini, seseorang mungkin ingin minum air sepanjang hari untuk mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru