kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit beserta Cara Membuat Masker Atasi Jerawat


Selasa, 10 Oktober 2023 / 10:26 WIB
5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit beserta Cara Membuat Masker Atasi Jerawat
ILUSTRASI. 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit besera Cara Membuat Masker Atasi Jerawat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa manfaat buah naga untuk kesehatan kulit yang luar biasa. Konsumsi buah naga tentu memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan.

Buah naga merupakan buah tropis eksotik dengan profil antioksidan yang kaya. Ia memiliki sejumlah senyawa bergizi seperti serat makanan, karbohidrat, mineral, dan vitamin B dan C.

Manfaat buah naga termasuk mendukung kesehatan usus dan kesehatan kardiovaskular dan kekebalan tubuh yang lebih baik.

Tentu, ini juga baik untuk kulit Anda, karena sifat anti-penuaan dan antibakterinya dapat membantu mengatasi banyak masalah kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Buah naga

Simak beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan kulit dilansir dari laman Style Craze.

Manfaat buah naga untuk kesehatan kulit

1. Sifat Anti Penuaan

Buah naga mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti penuaan. Antioksidan ini menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat.

Vitamin C adalah antioksidan kuat lainnya yang dapat mencegah penuaan kulit.

2. Mengobati Jerawat

Ekstrak buah naga digunakan dalam pengobatan perawatan kulit tradisional untuk mengobati jerawat. Hal ini mungkin terjadi karena kulit buah naga merah memiliki sifat antimikroba.

Senyawa dalam buah naga juga dikatakan dapat mengontrol produksi sebum dan membantu mengendalikan jerawat, meski belum ada bukti ilmiah mengenai hal tersebut.

3. Menenangkan Kulit yang Terbakar

Vitamin C, bersama dengan vitamin dan mineral lain yang ada dalam buah naga, dapat mengurangi sengatan matahari. Ini mengembalikan kelembapan dan menyembuhkan area yang terbakar sinar matahari dan menenangkannya.

Sifat antimikroba pada buah naga dapat membantu mencegah infeksi pada area luka bakar.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah naga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin ini terbukti mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit.

Selain itu, vitamin C juga mendukung untuk pembentukan kolagen.  Kolagen menjaga kulit Anda tetap kencang dan montok karena merupakan komponen struktural kulit.

5. Melembabkan Kulit

Buah naga kaya akan air dan membantu hidrasi. Vitamin B di dalamnya dapat melembabkan kulit serta menjaganya tetap sehat dan kenyal.

Setelah membaca semua tentang manfaat buah naga, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengonsumsinya.

Meskipun efek samping buah naga kurang diketahui, dalam kasus yang jarang terjadi, orang mengalami reaksi alergi dengan gejala seperti ruam, gatal, mual, dan pembengkakan pada mulut

Cara memakai buah naga untuk perawatan kulit

1. Masket wajah pencengcang kulit

Siapkan 1/2 buah naga beserta 1 sendok makan yogurt. Ambil daging buah naga dan haluskan hingga menjadi pasta halus serta tambahkan yogurt.

Oleskan paket tersebut ke wajah dan leher Anda dan diamkan selama 20 menit. Bilas kemasannya dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan handuk lembut. Ulangi proses ini seminggu sekali selama dua bulan.

2. Masker wajah untuk Jerawat

Anda hanya memerlukan sedikit potongan buah naga beserta 3-4 bola kapas.

Mulai dengan potongan daging buah naga untuk dihaluskan hingga menjadi pasta menggunakan garpu. Oleskan pada area jerawat menggunakan bola kapas. Gunakan bola kapas segar untuk mengoleskannya pada area lain untuk mencegah penyebaran bakteri.

Bilas pasta dengan air hangat setelah 20 menit. Biarkan wajah Anda mengering. Anda bisa mengulangi proses ini dua kali seminggu.

Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda memerlukan konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Pastikan perawatan terbaik untuk kulit agar terlihat segar dan awet muda. Itulah sederet manfaat buah naga untuk kesehatan kulit yang wajib Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×