kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan, Simak!


Senin, 31 Oktober 2022 / 14:49 WIB
5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan, Simak!
ILUSTRASI. Manfaat buah kelapa untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah kelapa untuk kesehatan adalah hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, buah kelapa menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat buah kelapa tersebut tak lepas dari kayanya kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan buah nutrisi yang terkandung dalam buah kelapa di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B, mineral, protein, kalium, magnesium dan lain sebagainya.

Selain kaya akan nutrisi, buah kelapa juga mempunyai rasa manis yang lezat. Sehingga tak jarang buah kelapa kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Catat!

Bahkan setiap bagian dari buah kelapa mempunyai manfaatnya masing-masing, mulai dari daging buahnya, air kelapa, cangkangnya pun bisa dimanfaatkan.

Lantas apa saja manfaat buah kelapa untuk kesehatan?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Gizi

Buah kelapa termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak gizi atau nutrisi. Sehingga tak heran mengkonsumsi buah kelapa mampu memberikan banyak manfaat.

Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah kelapa mampu meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan tulang hingga melindungi sel-sel dari radikal bebas.

2. Mengandung Antibakteri

Manfaat buah kelapa selanjutnya yaitu mengandung sifat antibakteri. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Pasalnya, dengan mengkonsumsi buah kelapa mampu mengahambat dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan, Catat!

3. Mengontrol Gula Darah

Buah kelapa juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes. Pasalnya, mengkonsumsi buah kelapa mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut dikarenakan buah kelapa rendah karbohidrat, tinggi serat dan lemak yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah kelapa juga dapat membantu memperlambat pencernaan dan berpotensi meningkatkan resistensi insulin, yang juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

4. Kaya Antioksidan

Buah kelapa juga mengandung senyawa fenolik yang merupakan antioksidan. Senyawa tersebut bermanfaat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. 

Dilansir dari Healthline, Tes laboratorium pada daging buah kelapa telah menunjukkan bahwa ia dapat menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penyakit kronis.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Bisbul Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan lainnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Sehingga buah kelapa sangat cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

Hal tersebut dikarenakan buah kelapa mengandung serat dan protein serta rendah gula. Sehingga dapat membuat perut akan terasa lebih kenyang dan kebutuhan nutrisi tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×