kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,59   4,99   0.50%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, Efektif Menurunkan Gula Darah Diabetes


Selasa, 27 September 2022 / 14:00 WIB
5 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, Efektif Menurunkan Gula Darah Diabetes
ILUSTRASI. Berikut ini manfaat biji ketumbar untuk kesehatan. Salah satunya, efektif menurunkan gula darah penderita diabetes.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Berikut ini manfaat biji ketumbar untuk kesehatan. Salah satunya, efektif menurunkan gula darah penderita diabetes.

Biji ketumbar adalah rempah yang biasa dipakai untuk bumbu masakan. Punya nama ilmiah Coriandrum sativum, biji ketumbar juga bisa menurunkan gula darah penderita diabetes.

Kandungan nutrisi biji ketumbar menjadikan rempah ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Biji ketumbar merupakan rempah kaya nutrisi yang mengandung serat, antioksidan, vitamin B, vitamin C, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan kalsium. 

Hanya, biji ketumbar mempunyai aroma yang menyengat. Tapi, bersumber dari Organic Facts, bau biji ketumbar berasal dari antioksidan dan minyak atsirinya, yang meliputi asam linoleat, asam oleat, linalool, alpha-pinene, dan terpene.

Yuk, simak manfaat biji ketumbar bagi kesehatan: 

Baca Juga: Penderita Diabetes Dapat Mencegah Gula Darah Tinggi, Cukup Ubah 3 Kebiasaan Berikut

1. Melawan infeksi 

Dilansir dari Healthline, manfaat biji ketumbar juga untuk melawan infeksi dan penyakit bawaan makanan, karena rempah ini mengandung senyawa antimikroba.

Dodecenal, senyawa dalam ketumbar yang dapat melawan bakteri, seperti Salmonella yang bisa menyebabkan keracunan makanan yang mengancam jiwa. Di Amerika Serikat, bakteri Salmonella memengaruhi 1,2 juta orang setiap tahun. 

Selain itu, suatu penelitian tabung rekasi mengungkapkan, biji ketumbar adalah di antara beberapa rempah-rempah India yang dapat melawan bakteri yang bertanggung jawab untuk infeksi saluran kemih (ISK). 

Studi lain menunjukkan, minyak ketumbar harus digunakan dalam formulasi antibakteri karena kemampuannya untuk melawan penyakit bawaan makanan dan infeksi yang didapat di rumah sakit.

Baca Juga: Tak Perlu Obat, ini 3 Cara Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes di Pagi Hari

2. Meningkatkan kesehatan jantung 

Laman Healthline menyebutkan, beberapa penelitian pada hewan dan tabung percobaan menunjukkan, manfaat biji ketumbar bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (jahat). 

Ekstrak ketumbar dapat bertindak sebagai diuretik, yaitu membantu tubuh manusia membuang kelebihan natrium dan air. Hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah. 

Beberapa penelitian menunjukkan, ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol juga. 

Sementara sebuah studi lain menemukan, tikus yang diberi biji ketumbar mengalami penurunan kolesterol LDL (jahat) yang signifikan dan peningkatan kolesterol HDL (baik). 

Selain itu, banyak orang menemukan, makan rempah-rempah pedas dan rempah-rempah seperti ketumbar membantu mereka mengurangi asupan natrium, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Dalam populasi yang mengonsumsi ketumbar dalam jumlah besar tingkat penyakit jantung cenderung lebih rendah dibandingkan orang-orang yang menjalani pola makan Barat (yang menggunakan lebih banyak garam dan gula).

Baca Juga: Hanya Butuh 2 Menit, Ini 2 Cara Cepat Tidur Nyenyak

3. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Melansir Healthline, ketumbar memiliki beberapa antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan telah terbukti untuk melawan peradangan dalam tubuh.

Menurut penelitian tabung reaksi dan pada hewan menemukan senyawa antioksidan, seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol, yang berpotensi memiliki antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh, juga efek neuroprotektif. 

Suatu studi dalam tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Kudu Jajal, 5 Buah Berikut Terbukti Menurunkan Gula Darah

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

Bersumber dari Healthline, minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

Dalam suatu studi tentang manfaat ketumbar berlangsung selama delapan minggu pada 32 orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). 

Orang-orang tersebut diberikan 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar dan diminumkan sebanyak tiga kali sehari.  

Studi itu menemukan secara signifikan bahwa ketumbar bisa mengurangi sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan dibandingkan dengan kelompok orang yang hanya diberi plasebo. 

Ekstrak ketumbar digunakan sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan tradisional Iran. Suatu studi pada tikus mencatat, ekstrak rempah itu dapat meningkatkan nafsu makan, dibandingkan dengan tikus lainnya. 

Mengutip NDTV Food, Amol Ghosh, Clinical Tutor (Rtd), NRS Hospial, Kolkata mengatakan, "Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, coba tambahkan biji ketumbar ke dalam makanan Anda. Anda pasti akan melihat perbedaannya". 

Baca Juga: Sila Coba, Berikut 5 Sayur yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

5. Menurunkan gula darah

Menurut Healthline, gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Manfaat biji ketumbar baik dalam bentuk ekstrak dan minyak semuanya bisa membantu menurunkan gula darah. 

Faktanya, orang yang memiliki gula darah rendah atau sedang mengonsumsi obat diabetes berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif dalam menurunkan gula darah. 

Penelitian pada hewan menunjukkan, biji ketumbar mengurangi gula darah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah. 

Sebuah studi pada tikus dengan obesitas dan gula darah tinggi menemukan bahwa dosis tunggal (9,1 mg per pon berat badan atau 20 mg per kg) ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah sebesar 4 mmol/L dalam 6 jam. 

Manfaat biji ketumbar itu mirip dengan efek obat gula darah (glibenclamide). Sebuah studi serupa menemukan, dosis yang sama dari ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah. 

Selain itu, meningkatkan pelepasan insulin pada tikus penderita diabetes dibandingkan dengan hewan kontrol. 

Itulah manfaat biji ketumbar yang juga efektif menurunkan gula darah penderita diabetes.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Manfaat Biji Ketumbar bagi Kesehatan dan Risikonya"

Penulis: Shintaloka Pradita Sicca
Editor: Shintaloka Pradita Sicca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×