Tips Sehat

Penderita Diabetes Kudu Jajal, 5 Buah Berikut Terbukti Menurunkan Gula Darah

Kamis, 22 September 2022 | 11:55 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Penderita Diabetes Kudu Jajal, 5 Buah Berikut Terbukti Menurunkan Gula Darah

ILUSTRASI. Penderita diabetes kudu jajal, sejumlah buah terbukti menurunkan gula darah dalam tubuh.


KONTAN.CO.ID - Penderita diabetes kudu jajal, sejumlah buah terbukti menurunkan gula darah dalam tubuh.

Sebut saja, alpukat yang menawarkan manfaat yang terbukti bisa menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

Buah bisa menjadi menu diet penderita diabetes. Apalagi, beberapa buah terbukti menurunkan gula darah penderita diabetes.

Bagi penderita pradiabetes, diabetes, atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah, diet menjadi bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat.

Meski faktor-faktor, seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika, juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, melakukan diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah. 

Sementara beberapa makanan bisa berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bersumber dari Healthline dan Medical News Today, berikut sejumlah buah yang efektif bisa menurunkan gula darah, penderita diabetes bisa jajal:

Baca Juga: Sila Coba, Berikut 5 Sayur yang Terbukti Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

1. Beri

Sejumlah penelitian telah menghubungkan asupan beri dengan peningkatan kontrol gula darah. Buah ini sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, dan pilihan yang sangat baik untuk orang-orang dengan masalah manajemen gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan, makan 2 cangkir (250 gram) raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan mengurangi insulin pasca makan dan gula darah pada orang dewasa dengan pradiabetes, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Selain raspberry, penelitian menunjukkan, stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

 

2. Alpukat

Selain lembut dan lezat, alpukat menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dan menambahkannya ke makanan telah terbukti mengontrol kadar gula darah.

Sejumlah penelitian menemukan, alpukat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Namun, perlu diingat bahwa banyak penelitian yang telah menyelidiki efek asupan alpukat pada kadar gula darah didanai oleh Hass Avocado Board, yang bisa memengaruhi aspek penelitian.

Baca Juga: Jagung Efektif Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Sila Coba

3. Jeruk

Meskipun banyak jeruk manis, penelitian memperlihatkan, buah ini bisa membantu mengurangi kadar gula darah. Jeruk dianggap buah glikemik rendah karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lain, seperti semangka dan nanas.

Buah jeruk, seperti jeruk dan jeruk bali, dikemas dengan serat serta mengandung senyawa tanaman seperti naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetes yang kuat.

Makan jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan melindungi terhadap perkembangan diabetes.

4. Mangga

Mengonsumsi mangga bisa memberikan manfaat untuk mengurangi kadar gula darah pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. 

Selain itu, daun mangga juga memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, menurunkan berat badan, menurunkan kada gula dan darah, serta menurunkan kadar lemak dalam darah. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Efektif Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Kudu Coba

5. Apel

Apel mengandung serat larut dan senyawa tanaman, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya bisa membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes.

Meskipun total konsumsi buah telah terbukti mengurangi risiko diabetes, makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

Sebuah studi yang mencakup data dari lebih dari 187.000 orang menemukan, asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah.

Selanjutnya, sebuah penelitian pada 18 wanita menunjukkan, makan apel 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan mengurangi gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makan nasi saja.

Penderita diabetes kudu jajal, itulah sejumlah buah yang terbukti menurunkan gula darah dalam tubuh.

 

Selanjutnya: Loyo, Rupiah Spot Melemah 0,19% ke Rp 15.025 Per Dolar AS Pada Kamis (22/9) Siang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru