kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan Penyebab Asam Urat, Jangan Coba-Coba Makan!


Selasa, 15 Maret 2022 / 14:36 WIB
5 Makanan Penyebab Asam Urat, Jangan Coba-Coba Makan!
ILUSTRASI. Makanan penyebab asam urat. Seafood adalah salah satu makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Makanan adalah salah satu penyebab utama asam urat tinggi. Maka dari itu, Anda harus mengetahui makanan yang harus dihindari oleh pengidap asam urat tinggi.

Asam urat tinggi biasanya timbul gejala-gejala salah satu contohnya radang sendi. Jika hal tersebut dibiarkan, akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Beberapa jenis makanan penyebab asam urat memiliki kandungan purin yang terlalu banyak. Pasalnya, purin dipecah menjadi asam urat, jika terlalu banyak akan membuat kadar asam urat dalam tubuh naik. 

Melansir dari Creaky Joints, terdapat beberapa makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari. Makanan tersebut di antaranya: 

1. Alkohol 

Alkohol merupakan minuman yang dapat meningkatkan asam urat. Disarankan untuk setidaknya mengurangi atau menghindari minuman beralkohol demi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Bisa Menghindari Penuaan, Simak 8 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

2. Soda 

Selain alkohol, minuman bersoda juga menjadi penyebab asam urat. Risiko asam urat semakin tinggi jika Anda mengonsumsi minuman bersoda setiap hari. 

Oleh karana itu, tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda atau menggantinya dengan air putih sehingga kadar asam urat bisa dikontrol. 

3. Seafood

Seafood merupakan salah satu makanan yang enak saat dimakan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa seafood juga merupakan makanan penyebab asam urat. 

Jika Anda seorang penyuka seafood, cobalah untuk membatasi makanan ini, supaya kesehatan Anda tetap terjaga khususnya asam urat. 

Baca Juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Diabetes yang Perlu Anda Waspadai

4. Daging merah

Makanan penyebab asam urat lainnya adalah daging merah atau red meat. Daging merah merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan jumlah yang banyak karena dapat meningkatkan risiko asam urat. 

Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti daging putih, tempe, dan makanan sehat lainnya. 

5. Hati 

Makanan penyebab asam urat terakhir adalah hati. Sebenarny,a makanan jeroan lainnya pun berpotensi bisa menaikkan asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya dihindari demi kesehatan tubuh. 

Dibanding mengonsumsi jeroan, lebih baik perbanyak asupan protein agar tubuh jadi lebih sehat dan asam urat normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×