kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,93   -12,58   -1.37%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan Buka Puasa bagi Penderita Maag, Ada Melon hingga Mentimun


Senin, 27 Maret 2023 / 10:16 WIB
5 Makanan Buka Puasa bagi Penderita Maag, Ada Melon hingga Mentimun
ILUSTRASI. 5 Makanan Buka Puasa bagi Penderita Maag, Ada Melon hingga Mentimun. KONTAN/Muradi/26/06/2010


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cek daftar menu makanan buka puasa bagi penderita maag. Bagi umat muslim yang menjalani ibadah di bulan Ramadhan wajib beberapa tips berikut.

Penyakir Maag atau gastritis adalah kondisi yang terjadi ketika lapisan lambung meradang atau mengalami iritasi.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi bakteri H. pylori, asupan makanan yang tidak sehat, kebiasaan merokok, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Bagi penderita maag, memilih makanan yang tepat saat buka puasa sangat penting untuk menghindari gejala sakit perut yang lebih parah.

Baca Juga: Ini 8 Tips Tidur yang Baik Selama Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas

Makanan buka puasa bagi penderita maag

Berikut adalah beberapa makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita maag saat buka puasa. Pertama, Anda bisa konsumsi buah-buahan yang tidak terlalu asam seperti pisang, pepaya, apel, atau semangka.

Sayuran seperti sayuran hijau, wortel, labu, atau kentang hingga Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

Protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu. Selain itu hindari juga Minuman yang tidak mengandung kafein seperti air putih, jus buah segar, atau teh herbal.

Sementara itu, penderita maag juga dapat menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi maag, seperti makanan yang terlalu asam, pedas, berlemak, atau mengandung santan.

Baca Juga: Intip 8 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa

Beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag adalah cuka, tomat, jeruk, cabai, gorengan, daging merah, susu, kopi, teh, dan minuman berkarbonasi.

Simak daftar menu makanan buka puasa bagi penderita maag dilansir dari Oladoc.

Menu Makanan buka puasa bagi penderita maag

1. Kurma

5 Makanan Buka Puasa bagi Penderita Maag, Ada Melon hingga Mentimun

Kurma menjadi salah satu makanan buka puasa bagi penderita maag selain menjadi makanan sunnah. Buah Kurma penuh dengan karbohidrat baik yang langsung memberi Anda energi, tanpa membebani sistem dengan banyak gula.

Faktanya, kurma juga merupakan makanan sahur yang baik karena kaya akan potasium, serat, dan magnesium, yang dapat membantu mempertahankan energi lama setelah berhenti makan.

Komponen yang lambat dicerna pada kurma membuat tubuh terasa lebih kenyang lebih lama, dan menahan rasa lapar. 

Karena kurma tidak berat di perut, kurma tidak akan memperburuk mulas dan asam lambung. Mengonsumsi kurma terlebih dahulu mempersiapkan perut untuk menerima makanan, setelah seharian berpuasa.

Penelitian Departemen Pertanian AS, satu buah kurma cukup untuk menyediakan 6 persen dari total kebutuhan serat harian. Namun, jangan konsumsi kurma dalam jumlah banyak sekaligus karena dalam 1 butir kurma dengan berat 24 gram mengandung 16 gram gula.

2. Terong

Sayuran yang luar biasa ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk hidrasi dan kesehatan. Terong kaya akan vitamin B, asam folat, potasium, dan antioksidan yang menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Terong juga mengandung 90 persen air, menjadikannya pilihan yang bagus untuk melawan panas dan haus di bulan-bulan musim panas.

Anda bisa mengolah terong dengan cara dipanggang dan atasnya dengan minyak zaitun untuk makanan sehat dan rendah lemak yang lezat.

3. Melon

5 Makanan Buka Puasa bagi Penderita Maag, Ada Melon hingga Mentimun

Melon, blewah, dan semangka adalah makanan enak untuk dimakan selama bulan Ramadhan yang panas.

Melon memiliki kadar 90 persen berupa air, yang berarti dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat selama puasa.

Apalagi melon kaya akan nutrisi yang menenangkan perut, dan menghilangkan masalah lambung. Pilihan yang bagus adalah memiliki smoothie melon dan tetap segar sepanjang hari.

4. Mentimun

Pilihan lain yang sehat dan menghidrasi untuk musim panas untuk menjaga kadar asam pada lambung adalah mentimun.

Mentimun bisa ditambahkan ke salad, dicampur dengan yogurt, atau dimakan mentah dengan hummus.

Apa pun cara yang Anda pilih untuk memakannya, ini dapat membantu Anda merasa ringan dan berenergi. Cemilan sehat seperti mentimun juga bisa mengatasi kelesuan dan kemalasan setelah ngemil akibat makan berlebihan. 

Mentimun juga menjadi menu makanan buka puasa bagi penderita maag yang sangat baik, bahkan bagi yang ingin menurunkan berat badan di bulan Ramadhan ini.

5. Sayur-mayur

5 Makanan Buka Puasa bagi Penderita Maag, Ada Melon hingga Mentimun

Sayuran mudah dicerna tubuh, dan juga tidak membebani perut. Selain itu, beberapa sayur dapatmencegah mulas dan refluks asam.

Sayur dapat dimasak dengan cara ditumis dengan minyak zaitun, sayuran rebus dapat memberi tubuh nutrisi penting saat berpuasa.

Minyak zaitun membantu menyerap nutrisi yang terkandung dalam sayuran dengan lebih baik dan bahkan meningkatkannya.

Sayuran rebus cepat dikeluarkan dari perut karena kandungan seratnya yang lebih tinggi, dan membantu meningkatkan kadar glukosa darah lebih lama.

Ini menopang tubuh lebih lama dan karenanya, makanan ideal untuk sahur. Karena sayur dapat dicerna oleh perut dengan cepat, tidak mengiritasi lapisan perut, dan bermanfaat bagi penderita maag yang sedang berjuang melawan gastritis dan refluks asam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×