Tips Sehat

5 Latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 06:30 WIB Sumber: Kompas.com
5 Latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, latihan kardio berikut bisa jadi alternatif untuk tetap menjalani pola hidup sehat dengan banyak bergerak aktif. Olahraga kardiovaskuler ini bisa dilakukan dengan atau tanpa alat bantu. 

Latihan kardio, atau dikenal juga sebagai olahraga aerobik, merupakan gerakan yang dilakukan dengan menggunakan sebagian besar otot yang terdapat di dalam tubuh. Tujuan besarnya adalah membuat memompa darah dari jantung dan paru-paru agar stamina juga meningkat secara keseluruhan. 

Olahraga ini banyak macamnya, mulai dari jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, hingga bermain sepak bola. Ada pula beberapa gerakan sederhana yang dapat dilakukan di rumah di sela-sela kesibukan sehari-hari. 

Apa saja latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah? 

Salah satu keunggulan olahraga kardio adalah tidak memerlukan tempat yang luas atau menggunakan alat-alat yang rumit. Melakukan latihan kardio di rumah juga dapat menghemat biaya sekaligus membuat kita merasa nyaman melakukan berbagai gerakan-gerakan favorit.

Baca Juga: Inilah cara olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan

Berikut beberapa gerakan latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah. 

1. Jumping jack 

Gerakan ini tidak membutuhkan keahlian khusus karena yang harus Anda lakukan hanyalah melompat setinggi-tingginya. Ketika melompat, pastikan kaki membuka lebar dan tangan direntangkan ke atas kepala. 

Meski latihan kardio ini terlihat sederhana, Anda bisa membakar 100 kalori hanya dalam 10 menit. 

2. Lompat tali 

Jika Anda memiliki alat lompat tali dan rumah dengan area kosong yang luas, maka latihan kardio ini adalah pilihan yang bagus. Lompat tali dapat membakar hingga 220 kalori hanya dalam 20 menit. 

Bila belum pernah melakukan gerakan ini, atau sudah lama tidak melakukannya, mulailah dengan melompat selama 10-30 detik tanpa putus. Setelah terbiasa, Anda dapat memperpanjang durasi latihan kardio ini plus melakukan gerakan variasi, seperti melompat sambil berpindah dari titik yang satu ke titik yang lain. 

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat rutin jalan kaki untuk kesehatan Anda

3. Burpee 

Latihan kardio ini juga tidak membutuhkan alat apa pun. Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak, lalu jongkok dengan posisi kedua telapak tangan menyentuh lantai. Lempar kaki hingga posisi badan seperti push-up, kemudian kembali jongkok, dan akhiri dengan lompatan setinggi-tingginya dengan posisi tangan tegak di atas kepala. 

Bagi pemula, tidak mengapa jika Anda melewatkan posisi push-up dan hanya melakukan gerakan berdiri, jongkok, kemudian lompat. 

Baca Juga: Ini 7 kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh selama pandemi corona

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru