kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Kebiasaan yang jadi penyebab sakit punggung


Kamis, 03 September 2020 / 12:47 WIB
5 Kebiasaan yang jadi penyebab sakit punggung


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab sakit punggung yang tidak banyak orang sadari adalah kebiasaan sehari-hari. Jika terus dilakukan, sakit punggung bisa semakin parah.

Untuk menghindari operasi dan terapi, ada baiknya Anda menghindari penyebab sakit punggung. Dikutip dari UNC Health Talk, berikut penyebab sakit punggung:

Duduk lama

Disk di tulang belakang bagian bawah mendapat tekanan yang paling besar saat Anda duduk. Sebab, disk terhimpit saat Anda duduk lama di satu posisi, sehingga sulit memompa nutrisi ke area lain. Itulah yang jadi penyebab sakit punggung.

Merokok

Selain berdampak pada kesehatan jantung, paru-paru, dan memperbesar kemungkinan terkena kanker, merokok juga dapat jadi penyebab sakit punggung. Nikotin berbahaya untuk kesehatan tulang belakang karena bisa suplai darah pada area tersebut.

Baca Juga: 4 Obat sakit punggung tanpa operasi

Sepatu yang tidak cocok

Salah satu jenis sepatu yang dapat jadi penyebab sakit punggung adalah sepatu hak tinggi. Jenis sepatu ini memberikan tekanan pada kaki dan tulang belakang.

Terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi bisa membuat tubuh tak nyaman. Menurut UNC Health Talk, sebaiknya Anda memakai sepatu hak tinggi yang tidak lebih dari 1 inch.

Kurang tidur

Waktu tidur merupakan saat yang tepat bagi tubuh untuk memperbaiki kondisi. Saat berbaring, disk tulang belakang mampu beristirahat dan menyerap kembali semua cairan yang berkurang selama seharian.

Kurang tidur bisa jadi penyebab sakit punggung karena Anda tak memberi waktu yang cukup untuk tubuh Anda melepas stres. Jika terus dibiarkan, hal tersebut juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental Anda.

Baca Juga: 3 Penyebab sakit pinggang kronis yang perlu Anda tahu 

Postur tubuh yang kurang benar

Ada banyak kebiasaan lain yang bisa jadi penyebab sakit punggung. Misalnya, berdiri terlalu tegap, menunduk untuk melihat layar ponsel atau komputer, atau membungkuk.

Bentuk tulang belakang bisa berubah berdasarkan kebiasaan berdiri, duduk, dan tidur yang Anda lakukan seiring berjalannya waktu. Dengan menghindari penyebab sakit punggung tersebut, kondisi kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×