Kesehatan Umum

5 Cara terbaik mengatasi perut kembung

Kamis, 17 September 2020 | 10:47 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara terbaik mengatasi perut kembung

ILUSTRASI. Cara mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan beberapa hal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda coba. Mulai dari olahraga, mengonsumsi suplemen, hingga mengubah gaya hidup. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu.

Perut kembung terjadi saat perut terasa penuh dan kencang karena gas yang menumpuk di saluran pencernaan. Selain membuat perut terlihat lebih besar daripada biasanya, kembung bisa menimbulkan sakit dan rasa tidak nyaman.

Mengutip dari Medical News Today, ada beberapa hal yang memicu penumpukan gas dalam perut. Beberapa pemicunya adalah sembelit, alergi makanan, makanan yang mengandung banyak gula atau garam, dan perubahan hormon. Hal-hal berikut bisa Anda coba untuk mengatasi perut kembung.

Berjalan

Melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan, bisa digunakan untuk mengeluarkan gas berlebih yang menyebabkan perut kembung. Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami sembelit. Berjalan memutari halaman rumah bisa jadi cara menghilangkan rasa sakit akibat tekanan gas dalam perut.

Baca Juga: 5 Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat

Ganti Soda dengan Air Putih

Medical News Today mengatakan, minuman berkarbonasi mengandung gas yang bisa menumpuk di perut sehingga menimbulkan kembung. Gula dan pemanis buatan juga menyebabkan masalah yang sama. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menggantinya dengan air putih.

Hindari Mengunyah Permen Karet

Gula dalam permen karet bisa menyebabkan perut kembung. Daripada mengonsumsi permen karet, Anda bisa mengulum permen jahe atau peppermint untuk menyegarkan napas.

Perbanyak Konsumsi Serat

Mengonsumsi banyak serat bisa jadi cara mengatasi perut kembung dan sembelit. Medical News Today merekomendasikan, wanita mengonsumsi 25 g serat dan pria mengonsumsi 38 g serat. Namun, jangan mengonsumsi banyak serat dalam waktu singkat karena bisa memperparah perut kembung.

Baca Juga: 4 Obat sakit perut alami yang perlu Anda coba

Jika Anda ingin menambah asupan serat, lakukanlah secara perlahan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tubuh Anda bisa beradaptasi terlebih dahulu. Anda bisa menambah serat secara bertahap selama beberapa minggu.

Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat bisa jadi cara mengatasi perut kembung lainnya yang patut dicoba. Air hangat bisa mengurangi stres sehingga saluran pencernaan bisa berfungsi lebih baik. Dengan begitu, perut kembung juga bisa berkurang.

Selanjutnya: Ini gejala penyakit maag yang harus Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda


Terbaru