Tips Sehat

5 cara mudah mengobati asam lambung secara alami

Rabu, 05 Agustus 2020 | 12:47 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 cara mudah mengobati asam lambung secara alami

ILUSTRASI. Jika Anda merasa asam lambung naik, lebih baik hindari atau batasi konsumsi kopi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit asam lambung sudah sering dialami oleh banyak orang. Mengobati asam lambung secara alami bisa Anda lakukan dengan mengubah pola hidup. Misalnya, dengan mengubah kebiasaan makan dan kebiasaan tidur.

Melansir Healthline, sekitar 14%-20% orang dewasa di Amerika Serikat (AS) memiliki penyakit asam lambung. Peneliti memperkirakan, ada 7% orang AS yang mengalami gejala asam lambung setiap hari. Sebanyak 20%-40% di antaranya didiagnosa terkena GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Gejala asam lambung yang biasanya orang alami berupa rasa asam di bagian belakang lidah, kesulitan untuk menelan, batuk, asma, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal itu, mengutip Healthline, berikut cara mengobati asam lambung secara alami:

Baca Juga: 7 cara tepat untuk mencegah penyakit demensia

Jangan makan berlebihan

Cara mengobati asam lambung secara alami adalah dengan tidak makan secara berlebihan. Di bagian bawah kerongkongan terdapat otot yang berfungsi untuk mencegah zat asam dari perut kembali ke kerongkongan yang disebut esophageal sphincter.

Asam lambung biasanya meningkat setelah makan. Maka, mengobati asam lambung secara alami adalah dengan tidak makan berlebihan agar otot tersebut bisa berfungsi dengan aman.

Batasi konsumsi alkohol

Cara mengobati asam lambung secara alami adalah dengan membatasi konsumsi alkohol. Healthline menyebutkan, meminum alkohol dapat meningkatkan asam lambung. Penelitian menunjukkan, konsumsi alkohol secukupnya juga bisa menyebabkan gejala asam lambung pada orang sehat.

Baca Juga: 5 Jenis-jenis tanaman hias untuk memperindah rumah

Jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi

Menurut Healthline, kafein dalam kopi bisa melemahkan esophageal sphincter sehingga bisa meningkatkan asam lambung. Namun, belum banyak penelitian yang membuktikan hal itu. Jika Anda merasa asam lambung naik, lebih baik hindari atau batasi konsumsi kopi.

Mengunyah Permen Karet

Mengobati asam lambung secara alami juga bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur. Air liur yang diproduksi bisa membersihkan kerongkongan dari asam.

Baca Juga: Penting untuk buah hati, ini 8 fungsi keluarga yang harus Anda terapkan

Mengindari konsumsi bawang merah mentah

Mengindari konsumsi bawang merah mentah juga bisa Anda lakukan untuk mengobati asam lambung secara alami. Konsumsi makanan yang mengandung bawang merah mentah bisa meningkatkan asam lambung dan sendawa dibanding makanan yang tidak mengandung bawang merah mentah.

Terlalu banyak sendawa bisa menjadi indikasi bahwa banyak gas diproduksi akibat bawang merah. Healthline mengungkapkan, bawang merah mentah bisa melukai tepi kerongkongan. Jadi, lebih baik Anda menghindarinya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru