5 Cara menurunkan kolesterol, konsumsi makanan ini

Selasa, 20 Juli 2021 | 14:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menurunkan kolesterol, konsumsi makanan ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol memang dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi maksimal. Namun, jumlah kolesterol yang terlalu banyak justru mengganggu kesehatan. Supaya beberapa jenis penyakit dapat Anda hindari, cara menurunkan kolesterol perlu Anda coba.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan dalam artikel ini, jumlah kolesterol pun berkurang. Saat hal itu terjadi, aliran darah bisa lebih lancar dan tekanan darah pun lebih stabil.

Nah, kondisi itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan jenis penyakit yang lain. Tentu saja Anda perlu mendiskusikannya dulu dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran porsi yang sesuai dengan kondisi Anda.

Buah dan Sayur

Heart Foundation (heartfoundation.org.nz) menyebutkan bahwa buah dan sayur baik untuk kesehatan tubuh Anda. Serat yang terkandung dalam buah dan sayur yang Anda konsumsi dapat menurunkan penyerapan kolesterol. Dengan begitu, jumlah kolesterol dalam tubuh dapat berkurang.

Baca Juga: Duh asam urat naik lagi! Ini 8 minuman yang bisa menurunkan asam urat tinggi

Kedelai

Mengonsumsi kedelai termasuk salah satu cara menurunkan kolesterol. Selain mengonsumsi kedelai secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan kedelai yang lain. Misalnya, tempe, tahu, dan susu kedelai. Usahakan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat supaya manfaatnya bisa terserap maksimal.

Oatmeal

Siapa yang suka mengonsumsi oatmeal? Ternyata, jenis makanan itu mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh, lo. Sama seperti buah dan sayur, oatmeal mengandung jenis serat yang efektif menurunkan jumlah kolesterol.

Mengutip dari Heart Foundation, rutin mengonsumsi oatmeal mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Agar manfaat itu bisa Anda dapat dengan optimal, usahakan untuk memilih produk oatmeal 100%, ya. Hindari tambahan gula atau garam yang dapat merusak kandungan oatmeal.

Baca Juga: 3 Cara Unik Makan Oatmeal, Enak dan Sehat!

Lemak Sehat

Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi alpukat.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat juga termasuk cara menurunkan kolesterol. Lemak sehat dapat Anda temukan dalam alpukat, ikan salmon, minyak zaitun, kacang, dan biji-bijian. Cobalah untuk memasukkan makanan tersebut dalam menu sehat yang Anda konsumsi.

Kacang

Supaya jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis kacang. Jenis makanan itu mengandung jenis serat dan lemak sehat yang efektif menurunkan kolesterol. Dengan konsumsi rutin, kesehatan tubuh secara menyeluruh bisa tetap terjaga.

Selanjutnya: Rutin minum minyak kelapa bikin kolesterol tinggi ambruk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru