5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Minggu, 22 Mei 2022 | 09:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Cara menjaga kesehatan mental anak penting untuk dilakukan oleh orang tua. Pasalnya, kesehatan mental berperan penting selama masa pertumbuhan sang anak. 

Kesehatan mental anak sangat penting untuk dijaga karena berpengaruh terhadap perkembangan, kehidupan sosial bahkan pertumbuhan kesehatan fisik sang anak. 

Contoh kecilnya jika kesehatan mental anak tidak terawat dengan baik, sang anak cenderung akan sulit berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah. 

Baca Juga: 5 Pantangan Makanan Penderita Asam Urat yang Perlu Dihindari

Melansir dari The Indian Express, ada beberapa cara menjaga dan meningkatkan kesehatan mental anak yang perlu para orang tua ketahui. 

Waktu Bermain Cukup

Cara menjaga kesehatan mental anak yang pertama adalah dengan memberikan waktu bermain yang cukup.

Sebagai orang tua, Anda harus memotivasi anak Anda untuk mempersingkat waktu mereka di dalam ruangan dan menghabiskan beberapa jam di luar ruangan, berolahraga atau bermain dengan teman-teman. 

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan yang baik juga perlu dilakukan para orang tua karena berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik sang anak. 

Tidak hanya anak, orang dewasa pun sangat penting menjaga asup makanan-makanan yang sehat agar tubuh tetap prima dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Ketiak Hitam Bikin Tidak Percaya Diri? Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

Merencanakan Liburan

Merencanakan liburan penting dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak. Meluangkan waktu untuk liburan bersama juga bisa membuat keluarga menjadi lebih harmonis.

Menciptakan Lingkungan Rumah yang Positif

Pertumbuhan dan kesehatan mental anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan rumah yang positif. Oleh karena itu orang tua mempunyai peran penting untuk membuat suasan rumah positif sehingga semua anggota keluarga nyaman dan berkembang dengan baik.

Bermain Ke Alam

Menghabiskan waktu di alam bersama keluarga bisa menurunkan hormon stres baik orang tua maupun sang anak. Jika stres bisa terkendali, kesehatan mental pun akan terjaga pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru