kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Pantangan Makanan Penderita Asam Urat yang Perlu Dihindari


Sabtu, 21 Mei 2022 / 06:57 WIB
5 Pantangan Makanan Penderita Asam Urat yang Perlu Dihindari
ILUSTRASI. Seafood adalah salah satu pantangan makanan yang perlu dihindari penderita asam urat.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Salah satu hal yang harus dipatuhi penderita asam urat adalah menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari karena dapat memperburuk kondisi asam urat.

Asam urat umumnya disebabkan muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, cara yang paling ampuh untuk mengobati asam urat sendiri adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya Anda harus menghindari pantangan-pantangan yang bisa meningkatkan jumlah asam urat menjadi lebih parah. 

Baca Juga: Free Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat SSSTiKTok, Caranya Mudah dan Gratis

Melansir dari On Health, ada beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari, di antaranya sebagai berikut: 

Seafood 

Asam urat

Seafood adalah salah satu pantangan yang benar-benar harus dihindari bagi Anda yang menderita asam urat. Pasalnya, seafood mengandung banyak purin yang mampu memperburuk asam urat Anda. 

Daging Merah 

Jika Anda gemar mengkonsumsi daging, mulai sekarang harus berhati-hati khususnya jika Anda mempunyai penyakit asam urat. Sama halnya dengan seafood, mengkonsumsi daging merah juga dapat memperburuk kondisi asam urat yang Anda alami. 

Ikan 

Pantangan asam urat selanjutnya yaitu ikan. Ada beberapa ikan yang harus dihindari bagi penderita asam urat, salah satunya ikan tuna. Untuk itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi ikan secara berlebihan. 

Baca Juga: Membantu Melancarkan Pencernaan, Kenali 8 Manfaat Mengkonsumsi Jambu Biji

Minuman Beralkohol 

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga merupakan salah satu pantangan asam urat yang sangat harus dihindari. Selain dapat memperburuk kondisi penyakit asam urat, mengkonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Makanan dan Minuman Manis 

Makanan dan minuman manis juga harus Anda hindari jika menderita asam urat. Pasalnya, makanan dan minuman manis termasuk pantangan asam urat yang harus dihindari. 

Selain dapat memperburuk asam urat, makan dan minuman manis juga mempunyai risiko tinggi meningkatkan kadar gula darah dan diabetes.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×