CLOSE [X]

Membantu Melancarkan Pencernaan, Kenali 8 Manfaat Mengkonsumsi Jambu Biji

Jumat, 20 Mei 2022 | 10:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Membantu Melancarkan Pencernaan, Kenali 8 Manfaat Mengkonsumsi Jambu Biji

ILUSTRASI. Jambu biji.


KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi jambu biji dikenal memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, jambu biji adalah salah satu buah yang menyimpan banyak manfaat, salah satunya dapat melancarkan pencernaan.

Jambu berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang dapat dimakan. Terlebih lagi, daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daunnya kerap dijadikan suplemen.

Buah jambu biji luar biasa kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberikan jambu biji banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga: Free Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat SSSTiKTok, Caranya Mudah dan Gratis

Berikut beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan yang dilansir dari Healthline: 

Membantu Menurunkan Gula Darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi penderita diabetes atau Anda yang berisiko.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jambu biji juga mempunyai manfaat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara.

Banyak ilmuwan percaya bahwa antioksidan dan vitamin tingkat tinggi dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pasalnya, tingkat potasium dan serat larut yang lebih tinggi dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.

Baca Juga: Catat! 6 Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin K, Apa Saja?

Membantu Meringankan Gejala Menstruasi 

Banyak wanita mengalami dismenore – gejala nyeri haid, seperti kram perut hingga terasa sangat sakit.  Namun, ada beberapa bukti bahwa jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi.

Sebuah penelitian pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari dapat mengurangi intensitas nyeri. Tampaknya bahkan lebih kuat daripada beberapa obat penghilang rasa sakit.

Melancarkan Pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik sehingga sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Oleh karena itu, makan lebih banyak jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Hidung Berdarah? Ini 6 Penyebab Mimisan yang Harus Diwaspadai

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jambu biji adalah makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, jambu biji merupakan buah yang termasuk rendah kalori.

Dengan hanya 37 kalori dalam satu buah dan 12% dari asupan serat harian sangat cocok untuk dijadikan camilan saat diet menurunkan berat badan.

Memiliki Efek Antikanker

Ekstrak daun jambu biji telah terbukti memiliki manfaat yaitu efek antikanker. Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Hal tersebut kemungkinan karena tingginya tingkat antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Mampu Mengurangi Risiko Kanker Loh

Meningkatkan Imunitas

Manfaat jambu biji lainnya yaitu dapat meningkatkan imunitas atau sistem imun tubuh. Jambu biji adalah cara yang fantastis untuk mendapatkan nutrisi ini, karena merupakan salah satu sumber makanan terkaya vitamin C yang artinya dapat meningkatkan imunitas.

Rendahnya tingkat vitamin C dan nutrisi cenderung membuat sistem imun tubuh berkurang, sehingga peningkatan risiko infeksi dan penyakit akan menjadi lebih tinggi.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Berbagai macam vitamin dan antioksidan yang dikemas dalam jambu biji dapat memberikan manfaat bagi kulit Anda. Antioksidannya dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang dapat memperlambat proses penuaan, membantu mencegah keriput. 

Terlebih lagi, ekstrak daun jambu biji bahkan dapat membantu mengobati jerawat ketika dioleskan langsung ke kulit Anda.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi peran jambu biji dan ekstrak jambu biji dalam menjaga kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru