5 Cara meningkatkan metabolisme tubuh yang terbukti ilmiah

Rabu, 24 November 2021 | 12:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara meningkatkan metabolisme tubuh yang terbukti ilmiah

ILUSTRASI. Cara meningkatkan metabolisme tubuh berguna untuk meningkatkan pembakaran lemak.

KONTAN.CO.ID - Memiliki tingkat metabolisme yang tinggi bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan. Semakin cepat metabolisme dalam tubuh Anda, semakin banyak pula kalori dalam tubuh yang terbakar.

Tak hanya efektif menurunkan berat badan, metabolisme tubuh yang baik juga bisa menambah energi. Healthline merekomendasikan Anda untuk minum banyak air dingin supaya metabolisme tubuh bisa meningkat.

Menurut sebuah penelitian, metabolisme tubuh meningkat sebanyak 10% sampai 30% dalam satu jam setelah Anda minum ¬Ĺ L air putih. Minum air putih juga bisa membuat Anda merasa kenyang.

Selain itu, tentu saja masih banyak cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda. Meski bisa dilakukan sendiri, tapi usahakan untuk tetap membicarakannya dulu dengan dokter, ya.

Minum teh herbal

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis teh yang bisa Anda konsumsi sebagai peningkat metabolisme? Cobalah untuk rutin mengonsumsi minum teh hijau atau teh oolong. Minum jenisteh itu bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 4% sampai 5%.

Baca Juga: Cegah kanker, inilah buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Minum kopi

Salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan minum kopi.

Anda perlu berbahagia jika suka minum kopi karena hal itu termasuk salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Melansir Healthline, minum kopi dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 3% sampai 11%. Dengan rutin mengonsumsinya, ada semakin banyak lemak dalam tubuh yang terbakar.

Perbanyak konsumsi protein

Mengonsumsi protein juga bisa jadi cara meningkatkan metabolisme tubuh, lo. Dibanding karbo atau lemak, mengonsumsi makanan berprotein memiliki efek meningkatkan metabolisme yang lebih banyak, yaitu sebesar 15% hingga 30%.

Baca Juga: 5 Kebiasaan minum kopi ini bisa bikin cepat tua, sudah tahu?

Konsumsi makanan pedas

Supaya metabolisme dalam tubuh bisa bertambah, cobalah untuk mengonsumsi makanan pedas. Capsaicin, salah satu kandungan dalam cabai, dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, ya.

Olahraga

Rajin olahraga dengan intensitas tinggi bisa jadi cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Selanjutnya, cara meningkatkan metabolisme tubuh yang tak boleh ketinggalan adalah olahraga dengan intensitas yang tinggi, contohnya HIIT. Ada banyak kalori yang terbakar saat Anda melakukan jenis olahraga itu.

Nah, dari beberapa cara yang sudah disebutkan, adakah cara yang ingin segera Anda lakukan? Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikan rencana Anda dengan dokter, ya. Apalagi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: IHSG turun tipis, saham-saham ini banyak dijual asing siang ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru