kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah kanker, inilah buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi


Jumat, 19 November 2021 / 14:00 WIB
Cegah kanker, inilah buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi
ILUSTRASI. Cegah kanker, inilah buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Setiap orang perlu konsumsi buah dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah kerusakan sel.

Setiap buah dan makanan tertentu yang memiliki pewarna alami biasanya memiliki kandungan antioksidan tinggi. Namun, beberapa makanan cenderung memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Makanan tinggi antioksidan ini biasanya berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna cerah. Sebelum menyimak ulasan beberapa buah dan makanan tinggi antioksidan yang baik dikonsumsi, kenali dulu manfaat zat penting ini.

Mengenal antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Secara nyata, peranan penting antioksidan adalah mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Melansir BetterHealth, manfaat antioksidan yang terdapat dalam sejumlah makanan dapat mencegah kerusakan yang disebabkan radikal bebas berlebihan di dalam tubuh. Beberapa jenis antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas di antaranya vitamin A, C, E, mineral tembaga, zinc, selenium, fitokimia antosianin, polifenol, lutein, zeaxanthin, atau karotenoid.

Baca juga: Bikin kasus Covid-19 naik di luar negeri, ini cara mencegah virus corona Delta Plus

Perlu diketahui, proses oksidasi di dalam tubuh dapat merusak sel, protein seluler, lipid, atau DNA. Metabolisme oksigen ini dapat menghasilkan molekul tidak stabil yang dikenal dengan radikal bebas.

Proses oksidasi di dalam tubuh bisa terjadi karena stres, merokok, mengonsumsi alkohol, terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan memadai, polusi, atau mengonsumsi asupan tidak sehat. Efek radikal bebas berlebih di tubuh bisa beragam.

Seperti menyebabkan peradangan, merusak sel saraf, mempercepat penuaan, memicu kanker, atau meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Dengan mengonsumsi buah dan makanan mengandung antioksidan tinggi, beberapa risiko radikal bebas berlebihan di tubuh bisa ditekan atau dicegah.

Berikut beberapa buah dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang baik dikonsumsi setiap hari:

Blueberry

Salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah blueberry. Melansir Everyday Health, blueberry banyak mengandung antioksidan jenis antosianin. Rutin makan buah ini bisa meningkatkan kesehatan otak, tulang, sampai mencegah penyakit jantung.

Brokoli

Bahan makanan lain selain buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah brokoli. Brokoli memiliki kandungan antioksidan fenolat. Senyawa ini penting untuk mencegah stres oksidatif, melindungi tubuh dari peradangan, dan mencegah kanker.

Kacang kenari

Kacang kenari juga termasuk bahan makanan selain buah yang mengandung antioksidan tinggi. Kacang kenari termasuk makanan tinggi antioksidan jenis polifenol. Senyawa ini baik untuk mengatasi stres oksidatif, menjaga kesehatan otak, serta dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipes 2 dan kanker.

Kol merah

Bahan makanan selain buah yang mengandung antioksidan tinggi lainnya adalah kor merah. Melansir Medical News Today, kol merah banyak mengandung antioksidan jenis vitamin A, C, K, dan antosianin. Makanan ini membantu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, dan mengurangi peradangan.

Anggur ungu atau merah

Anggur juga termasuk buah yang mengandung antioksidan tinggi. Anggur terutama yang berwarna ungu dan merah banyak mengandung antioksidan antosianin, proantosianin, vitamin C, dan selenium. Makanan ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

Bayam

Bayar juga termasuk bahan makanan non-buah yang mengandung antioksidan tinggi. Bayam termasuk makanan tinggi antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin. Manfaat makanan tinggi serat ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Bit

Buah bit termasuk bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Bit memiliki kandungan antioksidan jenis betalain. Selain itu, makanan yang kaya zat besi dan folat ini juga bisa bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar dan gangguan pencernaan.

Kale merah

Sayur kale merah termasu bahan makanan mengandung antioksidan antosianin lebih tinggi ketimbang kale hijau. Selain itu, makanan ini juga dapat menambah asupan vitamin A, C, dan K.

Ubi ungu

Bahan makanan lain yang mengandung antioksidan tinggi adalah ubi ungu. Ubi ungu memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi ketimbang umbi-umbian lain seperti kentang atau ubi jalar. Makanan ini potensial untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan neurodegeneratif.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan fitokimia katekin yang tinggi. Zat ini bermanfaat untuk membantu melawan infeksi dan peradangan di dalam tubuh.

Stroberi

Buah lain yang mengandung antioksidan tinggi adalah stroberi. Seperti blueberry, stroberi juga memiliki antioksidan jenis antosianin dan polifenol. Makanan ini potensial untuk mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Cokelat hitam

Bahan makanan lain non-buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah cokelat hitam. Cokelat hitam termasuk makanan tinggi antioksidan jenis flavonoid. Makanan ini berguna untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, dan membantu meningkatkan suasana hati agar lebih baik.

Selain mengonsumsi buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi di atas, ada baiknya Anda menghindari makanan cepat saji, makanan berpengawet, makanan yang dibakar, atau segala jenis gorengan. Dengan begitu, radikal bebas tidak menumpuk di dalam tubuh dan risiko terkena penyakit kronis bisa ditekan. Pastikan juga Anda mengontrol asupan gula, garam, dan lemak sehingga kesehatan bisa tetap prima.

Itulah daftar buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Konsumsi secara rutin ya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik Dikonsumsi",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Selanjutnya: Vaksin booster disuntik awal 2022, berikut harga vaksinasi Covid-19 saat ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×