Kesehatan Umum

5 cara meningkatkan imun tubuh saat pandemi virus corona

Kamis, 17 September 2020 | 15:12 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 cara meningkatkan imun tubuh saat pandemi virus corona

ILUSTRASI. Melakukan olahraga secara rutin bisa jadi cara meningkatkan imun tubuh.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona baru masih berlangsung. Para ahli kesehatan merekomendasikan beberapa cara meningkatkan imun tubuh agar tak mudah terkena penyakit Covid-19.

Mengutip Koaa News, terdapat faktor yang meningkatkan risiko terinfeksi Virus Corona. Beberapa di antaranya adalah obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit paru-paru, dan sistem imun tubuh yang melemah.

Tubuh yang memiliki sistem imun tubuh yang kuat lebih mudah melawan infeksi virus corona daripada tubuh dengan sistem imun yang lemah. Beberapa cara meningkatkan imun tubuh menurut para ahli kesehatan berikut perlu Anda coba:

Turunkan berat badan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, obesitas adalah salah satu faktor utama pasien Covid-19 dirawat di rumahsakit. Menurunkan berat badan bisa bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan menurunkan risiko infeksi virus corona.

Baca Juga: Penelitian terbaru: Jus buah kesemek bisa melemahkan virus corona

Tidur cukup

Melansir Koaa News, kurang tidur menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Kurang tidur bisa menurunkan fungsi sel, meningkatkan respons inflamasi, dan mengurangi produksi antibodi.

Kurangi stres

Cara meningkatkan imun tubuh bisa Anda lakukan dengan mengurangi atau mengelola stres dengan baik. Cobalah untuk mencari cara pengelolaan stres yang sesuai dengan kondisi Anda. Misalnya, olahraga, meditasi, dan yoga.

Baca Juga: Kasus virus corona global segera melampaui 30 juta

Editor: Belladina Biananda


Terbaru