kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mengobati kutu air yang efektif dilakukan


Selasa, 06 Oktober 2020 / 10:48 WIB
5 Cara mengobati kutu air yang efektif dilakukan
ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa dipakai sebagai cara mengobati kutu air./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kutu air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi jamur. Gejala yang biasanya muncul adalah gatal, kulit kering, hingga sensasi terbakar. Ada banyak cara mengobati kutu air yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Hidrogen Peroksida

Healthline mengatakan, hidrogen peroksida merupakan bahan yang efektif membasmi infeksi jamur di permukaan kulit. Caranya, tuangkan hidrogen peroksida secara langsung pada kulit yang terinfeksi kutu air. Anda bisa melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari sampai gejalanya berkurang.

Tea Tree Oil

Tak hanya bermanfaat untuk merawat kulit wajah, tea tree oil juga bisa digunakan untuk mengatasi kutu air. Hal itu disebabkan oleh adanya kandungan antijamur dan anti bakteri sehingga mengurangi infeksi penyebab kutu air.

Anda perlu mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa terlebih dahulu. Setelah itu, langsung oleskan campuran yang telah Anda buat pada kutu air sebanyak dua kali dalam sehari. Dalam waktu beberapa minggu, gejala kutu air bisa berkurang.

Baca Juga: Mengatasi Kulit kering bisa diatasi dengan 3 bahan alami ini

Alkohol

Cara mengobati kutu air selanjutnya adalah menggunakan alkohol. Alkohol akan bekerja membasmi infeksi jamur di permukaan kulit penyebab kutu air. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

Pertama, usapkan alkohol secara langsung pada kutu air. Kedua, rendam kaki Anda yang terinfeksi kutu air dalam campuran 70% alkohol dan 30% air selama 30 menit.

Bawang Putih

Ada banyak sekali manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk mengobati kutu air. Caranya, remukkan empat hingga lima butir bawang putih. Setelah itu, gosokkan bawang putih yang sudah remuk pada kutu air sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan panu dengan bahan alami

Garam

Cara mengobati kutu air bisa memanfaatkan kandungan yang ada dalam garam.

Cara mengobati kutu air lainnya yang direkomendasikan oleh Healthline adalah menggunakan garam. Selain bisa mengatasi kutu air, kandungan antibakteri dan antijamur pada garam juga mampu menghambat penyebaran penyakit tersebut.

Untuk mengobati kutu air, rendam kaki yang terinfeksi pada larutan garam selama 20 menit. Setelah itu, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan sisa air yang ada pada kaki.

Jika cara-cara tersebut tak mampu membasmi kutu air dalam beberapa minggu, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki penyakit diabetes yang bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Penyebab kutu air dan cara mencegahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×