kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mengobati Cantengan, Bisa dengan Bahan-Bahan Alami


Senin, 17 Januari 2022 / 14:40 WIB
5 Cara Mengobati Cantengan, Bisa dengan Bahan-Bahan Alami
ILUSTRASI. Anda bisa mencoba cara mengobati cantengan di rumah./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Pertumbuhan kuku yang tidak baik bisa menimbulkan rasa sakit hingga infeksi. Biasanya, kondisi itu dikenal dengan istilah cantengan. Cara mengobati cantengan dapat Anda coba supaya tak muncul masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara ini hanya berlaku untuk cantengan yang tidak terlalu parah, ya. Jika infeksi yang Anda alami serius, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, seperti aliran darah tak lancar atau menderita diabetes.

Beberapa cara dalam artikel ini hanya bisa mengobati cantengan ringan. Anda juga perlu melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal. Segera hentikan pemakaian beberapa cara berikut ini jika muncul iritasi atau reaksi alergi.

Salep antibiotik

Cara mengobati cantengan berikutnya adalah dengan memakai salep antibiotik. Usahakan untuk memakai salep sesuai dengan cara yang tertera di kemasan. Meski mudah dilakukan, usahakan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan agar tak ada efek samping yang perlu Anda alami.

Baca Juga: 5 Cara mengobati cantengan ini mudah untuk dicoba, lho

Garam Epsom

Laman Adelaide Foot and AnkleĀ merekomendasikan garam epsom sebagai obat cantengan. Bukan tanpa alasan, kandungan magnesium dalam garam epsom yang cukup tinggi efektif meredakan pembengkakan di sekitar kuku.

Caranya, campur 1-2 sdm garam epsom dengan air hangat dalam sebuah baskom. Rendam daerah kuku yang terinfeksi dalam campuran itu selama 15 hingga 20 menit. Usahakan untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari supaya cantengan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida tak boleh ketinggalan dari daftar bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati cantengan. Kandungan dalam hidrogen peroksida berguna sebagai disinfektan alami sehingga kebersihan kuku selama cantengan dapat terjaga.

Anda perlu mencampur hidrogen peroksida dengan air dalam sebuah wadah terlebih dahulu. Setelah itu, rendam bagian cantengan dalam air tersebut selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara itu sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Baca Juga: Daftar cara mengobati cantengan ini beri hasil efektif, lho

Air hangat

Air hangat pun bisa Anda manfaatkan sebagai obat cantengan, lo. Cobalah untuk merendam bagian kuku yang terluka selama 15-20 menit. Lakukan langkah itu sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari. Supaya hasilnya lebih maksimal, tak ada salahnya untuk mencampurnya dengan garam.

Cuka apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai cara mengobati cantengan.

Selain dimanfaatkan sebagai obat jerawat, tahukah Anda bahwa cuka apel juga bisa dipakai sebagai obat cantengan? Mengutip dari Adelaide Foot and Ankle, cuka apel memiliki kandungan penting yang berguna untuk menyembuhkan infeksi. Mulai dari antiinflamasi hingga antiseptik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×