5 Cara mengobati cantengan ini mudah untuk dicoba, lho

Selasa, 14 Desember 2021 | 12:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengobati cantengan ini mudah untuk dicoba, lho

ILUSTRASI. Berbagai macam cara mengobati cantengan dapat Anda jadikan pilihan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cantengan atau kuku yang tidak tumbuh dengan semestinya bisa menyebabkan rasa sakit. Biasanya, hal itu lebih sering terjadi di bagian kuku ibu jari kaki. Supaya infeksi tak semakin serius, cara mengobati cantengan perlu segera Anda lakukan.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara ini hanya berlaku untuk cantengan yang tidak terlalu parah, ya. Jika infeksi yang Anda alami serius, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, seperti aliran darah tak lancar atau menderita diabetes.

Beberapa cara dalam artikel ini hanya bisa mengobati cantengan ringan. Anda juga perlu melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal. Segera hentikan pemakaian beberapa cara berikut ini jika muncul iritasi atau reaksi alergi.

Salep Antibiotik

Cara mengobati cantengan berikutnya adalah dengan memakai salep antibiotik. Usahakan untuk memakai salep sesuai dengan cara yang tertera di kemasan. Meski mudah dilakukan, usahakan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan agar tak ada efek samping yang perlu Anda alami.

Baca Juga: Dari bahan alami, gunakan 5 obat jamur kuku ini, yuk

Garam Epsom

Garam epsom dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati cantengan.

Adelaide Foot and Ankle (adelaidefootandankle.com.au) merekomendasikan garam epsom sebagai obat cantengan. Bukan tanpa alasan, kandungan magnesium dalam garam epsom yang cukup tinggi efektif meredakan pembengkakan di sekitar kuku.

Caranya, campur 1-2 sdm garam epsom dengan air hangat dalam sebuah baskom. Rendam daerah kuku yang terinfeksi dalam campuran itu selama 15 hingga 20 menit. Usahakan untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari supaya cantengan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida tak boleh ketinggalan dari daftar bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati cantengan. Kandungan dalam hidrogen peroksida berguna sebagai disinfektan alami sehingga kebersihan kuku selama cantengan dapat terjaga.

Anda perlu mencampur hidrogen peroksida dengan air dalam sebuah wadah terlebih dahulu. Setelah itu, rendam bagian cantengan dalam air tersebut selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara itu sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Baca Juga: Ini penyebab dan pengobatan darah haid menggumpal

Cuka Apel

Selain dimanfaatkan sebagai obat jerawat, tahukah Anda bahwa cuka apel juga bisa dipakai sebagai obat cantengan? Mengutip dari Adelaide Foot and Ankle, cuka apel memiliki kandungan penting yang berguna untuk menyembuhkan infeksi. Mulai dari antiinflamasi, antiseptik, dan lain sebagainya.

Hubungi Dokter

Apabila cara-cara di atas tak mampu menyelesaikan masalah Anda, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter, ya. Apalagi bila muncul kondisi lain yang lebih serius. Misalnya, kemerahan menyebar ke bagian kulit lain, muncul nanah atau darah di sekitar cantengan, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru