kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari bahan alami, gunakan 5 obat jamur kuku ini, yuk


Selasa, 16 November 2021 / 13:00 WIB
Dari bahan alami, gunakan 5 obat jamur kuku ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jamur kuku yang tak teratasi dengan baik bisa membuat kuku patah, merusak jaringan kulit di sekitarnya, dan menyebabkan masalah lain. Supaya hal itu tak Anda alami, ada baiknya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat jamur kuku.

Mengutip dari Single Care (singlecare.com), biasanya Anda terinfeksi jamur kuku karena kondisi kaki yang lembab dan basah. Selain itu, sering berada di kolam renang atau lingkungan lain yang lembab juga bisa memicu infeksi tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda yang menderita kondisi tertentu, seperti diabetes atau kondisi sistem imun tubuh yang tak terlalu kuat, juga lebih berisiko terinfeksi jamur kuku. Nah, di bawah ini, ada beberapa bahan yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Baking Soda

Baking soda adalah bahan pertama yang bisa dipakai untuk mengobati jamur kuku. Caranya, campur baking soda dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan baking soda itu pada kuku yang terinfeksi selama 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: 6 bahan alami yang bisa membantu mengobati cantengan

Bawang Putih

Bawang putih bisa jadi obat jamur kuku.

Bawang putih adalah bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat jamur kuku. Kupas kulit bawang putih lalu potong bahan alami itu menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, letakkan bawang putih di atas kuku selama minimal 30 menit. Antimikroba dan kandungan lain dalam bawang putih bisa mengobati infeksi.

Black Tea

Black tea adalah salah satu jenis teh herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati jamur kuku. Kandungan yang ada dalam black tea mampu membunuh bakteri dan memperkecil pori-pori di kulit sehingga produksi keringat pun berkurang.

Dengan begitu, risiko infeksi lain dapat Anda hindari. Bagian kuku yang membengkak juga bisa mereda dengan black tea. Caranya, rebus beberapa kantung teh dalam air. Setelah mendidih, diamkan air rebusan black tea sebentar kemudian pakai untuk merendam kaki.

Baca Juga: Mudah didapatkan, ini 4 bahan alami yang efektif mengobati cantengan

Cuka Apel

Manfaat cuka apel dipakai sebagai obat jamur kuku.

Obat jamur kuku berikutnya yang direkomendasikan Single Care adalah cuka apel. Asam asetat yang terkandung dalam jenis cuka itu juga efektif mengatasi warna kuku yang menguning. Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit.

Pertama, campur cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, gunakan air cuka apel untuk merendam kaki Anda. Supaya hasilnya maksimal, lakukan langkah itu selama minimal 20 menit.

Selanjutnya: Cantengan semakin nyeri? Ini obat cantengan alami yang bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×