Daftar cara mengobati cantengan ini beri hasil efektif, lho

Senin, 22 November 2021 | 15:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar cara mengobati cantengan ini beri hasil efektif, lho

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengobati cantengan yang bisa Anda jadikan pilihan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cantengan yang belum terlalu parah bisa Anda atasi sendiri di rumah. Ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati cantengan. Dengan begitu, rasa sakit yang muncul bisa berkurang dan infeksi pun dapat Anda hindari.

Namun, pastikan untuk tidak mengobati cantengan ketika kondisinya sudah benar-benar parah, ya. Jika Anda memaksakan diri untuk mengobati cantengan tanpa pengawasan dokter, infeksi bisa menjadi lebih parah.

Dari beberapa bahan di bawah ini, sebaiknya Anda melakukan uji coba dulu. Bila kulit di sekitar cantengan tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memakai bahan berikut juga bisa Anda jadikan pilihan.

Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan yang cukup efektif mengobati cantengan. Melansir dari Adelaide Foot and Ankle (adelaidefootandankle.com.au), antiseptik dan antiinflamasi di cuka apel bisa meredakan rasa sakit dan mencegah cantengan yang lebih parah.

Pertama, Anda perlu mencampur ¼ gelas cuka apel dalam seember air hangat. Rendam kaki Anda yang cantengan dalam air cuka apel itu selama minimal 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dan keringkan kaki menggunakan handuk bersih.

Baca Juga: Tak perlu ke dokter! Ini 6 cara mengobati bisul secara alami

Hidrogen Peroksida

Cara mengobati cantengan juga bisa Anda coba dengan memakai hidrogen peroksida. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan serupa dengan poin sebelumnya. Rendam kaki di air yang dicampur hidrogen peroksida selama 20 menit. Anda bisa melakukan hal tersebut dua sampai tiga kali dalam setiap hari.

Air Sabun

Adelaide Foot and Ankle merekomendasikan air sabun untuk mengobati cantengan. Selain meredakan rasa sakit, merendam kuku cantengan dalam air sabun juga efektif mengurangi pembengkakan. Dengan begitu, kaki Anda bisa kembali terasa nyaman.

Untuk memaksimalkan hasilnya, cobalah untuk memakai air hangat. Rendam kuku cantengan selama 20 menit. Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali dalam sehari supaya cantengan bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, biar makin waspada terhadap diabetes

Epsom Salt

Epsom salt bisa Anda pakai sebagai cara mengobati cantengan.

Merendam kaki di air yang sudah dicampur dengan epsom salt adalah cara mengobati cantengan yang tak boleh Anda lewatkan. Magnesium yang terkandung dalam jenis garam itu mampu meredakan peradangan.

Selanjutnya: Ini penyebab dan pengobatan darah haid menggumpal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru