Kecantikan & Kebugaran

5 Cara menghilangkan lemak perut yang tak banyak disadari

Jumat, 11 Juni 2021 | 15:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan lemak perut yang tak banyak disadari

ILUSTRASI. Berbagai macam cara menghilangkan lemak perut bisa Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain baik untuk penampilan, menurunkan berat badan juga penting untuk kesehatan, lo. Apalagi lemak di bagian perut. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan lemak perut yang bisa Anda coba.

Semakin banyak penumpukan lemak di sekitar perut, semakin tinggi pula risiko infeksi penyakit. Misalnya, penyakit diabetes, penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda tidak mau memiliki kondisi itu, kan?

Sebenarnya, cara-cara di bawah ini tidak menghilangkan lemak di perut saja. Namun, rutin melakukannya berdampak pada lingkar pinggang dan jumlah lemak yang menumpuk di bagian perut. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik. Johns Hopkins Medicine (hopkinsmedicine.org) mengatakan bahwa sirkulasi insulin berkurang saat Anda berolahraga. Akibatnya, liver menggunakan asam lemak di sekitar perut untuk menjalankan fungsinya.

Setiap orang memerlukan waktu olahraga yang berbeda-beda. Umumnya, Anda perlu olahraga selama 30 hingga 60 menit per hari dengan intensitas olahraga sedang hingga berat. Jika Anda kesulitan menentukan jenis olahraga apa yang tepat dengan kondisi Anda, tak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Terlihat sepele, ini manfaat lari di tempat untuk kesehatan

Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan memang cukup praktis untuk diolah. Sayangnya, salah satu cara menghilangkan lemak perut adalah dengan mengurangi atau benar-benar tak mengonsumsi jenis makanan itu. Hal itu disebabkan karena makanan olahan biasanya banyak mengandung gula, garam, dan lemak trans yang tak baik untuk kesehatan.

Batasi Konsumsi Karbo

Cara menghilangkan lemak perut selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi karbo. Johns Hopkins mengatakan bahwa mengonsumsi makanan rendah karbo mampu menurunkan berat badan lebih banyak.

Baca Juga: Makanan yang harus dikonsumsi untuk mempercepat menurunkan berat badan

Pilih Makanan dengan Teliti

Memilih makanan dengan teliti termasuk salah satu cara menghilangkan lemak perut.

Supaya berat badan bisa turun dan terkontrol dengan baik, usahakan untuk membaca label makanan dengan teliti. Pilihlah produk-produk yang terbuat dari bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda perlu memerhatikan kandungan gula atau karbo dalam yogurt rendah lemak yang ingin Anda makan.

Pilih Teman

Selain teliti menentukan makanan, menentukan teman yang ingin Anda ajak berinteraksi selama menjalankan program diet juga penting dilakukan. Menurut sebuah penelitian, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan lebih rajin olahraga jika dikelilingi dengan orang-orang yang tepat.

Selanjutnya: Cara mempercepat menurunkan berat badan, saat diet konsumsi makanan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru