Terlihat sepele, ini manfaat lari di tempat untuk kesehatan

Rabu, 09 Juni 2021 | 13:45 WIB   Reporter: kompas.com
Terlihat sepele, ini manfaat lari di tempat untuk kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda tidak ingin olahraga di luar rumah? Anda bisa olahraga di rumah dengan lari di tempat. Terlihat sepele, ini manfaat lari di tempat untuk kesehatan.  

Pandemi covid-19 membuat sebagian kegiatan menjadi terbatas, termasuk dalam hal olahraga. 

Baca Juga: 3 Manfaat mengangkat kaki ke tembok untuk kesehatan

Itu sebabnya, sebagian orang kemudian beralih ke olahraga bersepeda yang memungkinkan kita menjaga jarak dengan orang lain. 

Tapi bagaimana dengan mereka yang hobi lari? 

Anda memang bisa mencari jalur yang sepi dan kecil kemungkinannya bertemu dengan orang lain. 

Tapi tidak semua orang tinggal di daerah yang memiliki jalur seperti itu. 
Maka salah satu pilihannya adalah lari di sekitar rumah atau bisa juga lari di tempat. 

Lari di tempat melibatkan otot dan gerakan yang berbeda dari lari biasa. Meski gerakannya sederhana, namun lari di tempat bisa memberi banyak manfaat untuk kebugaran tubuh. 

Lari di tempat tidak mengharuskan Anda menggunakan otot yang mendorong tubuh untuk bergerak maju. 

Anda pun akan lebih banyak bertumpu pada jari-jari dan bantalan kaki. Alih-alih mendorong tubuh ke depan, Anda akan mengangkat lutut dengan sedikit kekuatan secara bergantian. 

Adapun manfaat lari di tempat untuk kebugaran tubuh yang bisa Anda dapatkan, yaitu: 

  1. Meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stabilitas otot karena mengharuskan Anda untuk terus bergerak dan mengencangkan otot. 
  2. Membantu mengurangi beberapa masalah dan stres pada tubuh, terutama saat dilakukan di atas karpet atau suatu alas Meningkatkan kekuatan inti tubuh, tubuh bagian atas, dan tubuh bagian bawah. 
  3. Mengurangi rasa sakit di lutut sekaligus membuatnya lebih kuat dan sehat. Mengembangkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi tubuh sehingga mengurangi risiko jatuh atau cedera. 
  4. Membantu memperbaiki postur tubuh apabila dilakukan sambil menggerakan otot perut. 
  5. Meningkatkan detak jantung, memperbaiki kadar gula darah, membakar kalori dan lemak yang berkontribusi untuk membantu menurunkan berat badan. 
  6. Meningkatkan fungsi kardiovaskular, kapasitas paru-paru, dan sirkulasi 

Lari di tempat sangat ideal jika kita ingin melakukan olahraga dalam ruang yang terbatas. 

Akan tetapi, mempertahankan gerakan yang benar untuk waktu yang lama mungkin sulit dilakukan. 

Anda bisa saja mengalami kelelahan otot, pegal, atau tidak nyaman setelah berlari di tempat. 

Tips lari di tempat 

Lakukanlah beberapa latihan pemanasan sebelum memulai. Selanjutnya, ketika berlari di tempat, gunakan kekuatan tubuh bagian atas untuk menggerakan lengan maju dan mundur. 

Tingkatkan pula intensitas dengan menggerakan kaki lebih cepat. Berikut tips lari di tempat dengan benar yang bisa dicoba: 

  1. Angkat lengan kanan dan kaki kiri secara bersamaan. 
  2. Biarkan lutut kiri terangkat setinggi pinggul 
  3. Kemudian beralih ke arah kaki yang berlawanan, sehingga kaki kanan yang diangkat dan lutut kanan setinggi pinggul. 
  4. Pada saat yang sama, gerakan lengan kanan ke belakang dan lengan kiri maju naik 
  5. Lakukanlah gerakan ini berulang kali, Anda juga dapat lari di tempat dengan menggunakan treadmil. 

Berlari dengan treadmill menguras lebih banyak energi karena mendorong tubuh untuk maju ke depan. 

Hal ini lebih efektif dalam meningkatkan detak jantung, dan pembakaran kalori. 

Ketika berlari, kita juga bisa melakukannya sambil mendengarkan musik agar suasana hati semakin baik. 

Di sela-sela sesi latihan, sempatkan untuk beristirahat selama 1-2 menit. 
Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup agar tidak dehidrasi, dan cairan tubuh yang hilang pun dapat terganti. 

Lakukanlah pendinginan untuk mengakhiri latihan dengan melibatkan beberapa peregangan. 

Perlu diketahui bahwa berlari di tempat mungkin lebih banyak memberi tekanan pada otot-otot tertentu, terutama jika melakukannya untuk waktu yang lama.

Anda mungkin akan merasakan sakit pada pinggul, tulang kering, dan pergelangan kaki. 

Jadi, berhentilah melakukannya apabila mengalami cedera atau mendorong diri terlalu keras. 

Selain itu, daripada hanya terpaku pada satu jenis latihan akan lebih baik jika melakukan beberapa latihan berbeda untuk melibatkan berbagai kelompok otot. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Baca Juga: Sederet manfaat naik turun tangga untuk kesehatan tubuh

Selanjutnya: Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Takut Jogging di Luar? Ini Manfaat Lari di Tempat",

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru