5 Cara Mengatasi Sesak Nafas yang Wajib Anda Coba, Apa Saja?

Selasa, 28 Desember 2021 | 14:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara Mengatasi Sesak Nafas yang Wajib Anda Coba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Pilates, mengatur posisi tubuh, dan cara mengatasi sesak nafas lain perlu segera Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering mengalami sesak nafas? Jika iya, cara mengatasi sesak nafas dalam artikel ini patut Anda pertimbangkan. Dengan mencobanya, kondisi sistem pernapasan Anda bisa menjadi lebih kuat dan sehat.

Mengutip dari Best Health (besthealthmag.ca), latihan pernapasan bisa membuat kondisi paru-paru membaik. Cobalah untuk menghirup udara dari hidung lalu mengeluarkannya melalui mulut. Usahakan untuk melakukan latihan tersebut beberapa kali serileks mungkin.

Selain latihan pernapasan, tentu masih banyak cara yang bisa Anda coba agar sesak napas tak sering terjadi. Mulai dari memperbaiki postur tubuh, berjalan, dan lain sebagainya. Namun, jika sesak napas masih sering terjadi, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Pilates

Jika Anda mencari cara mengatasi sesak nafas, cobalah untuk melakukan pilates. Kegiatan tersebut dapat memperkuat diafragma sehingga pernapasan pun lebih terkontrol. Selain itu, pilates juga mampu mengurangi sakit punggung.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Batuk Kering Ini Pakai Bahan Alami, Lho

Berenang

Berenang termasuk dalam daftar cara mengatasi sesak nafas.

Salah satu cara mengatasi sesak nafas yang bisa Anda lakukan adalah dengan berenang. Jenis olahraga air itu efektif membuang sisa karbon dioksida dan menghindarkan Anda dari kelelahan. Tak hanya berpengaruh pada paru-paru, hobi berenang juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Jalan

Bagi Anda yang belum terbiasa olahraga, mulailah dengan berjalan kaki minimal selama 20 menit dalam sehari. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kekuatan paru-paru dan jaringan di sekitarnya. Setelah terbiasa, Anda bisa meningkatkan intensitas olahraga itu dengan berjalan di area yang menanjak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah usahakan untuk tetap menggunakan postur tubuh yang baik. Hal itu perlu Anda lakukan supaya oksigen bisa masuk ke organ dan saluran pernapasan dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Catat, 5 penyebab sesak nafas ini perlu Anda waspadai

Konsumsi Makanan Sehat

Memilih makanan dan minuman apa yang Anda konsumsi sehari-hari juga berpengaruh pada kondisi sistem pernapasan Anda. Cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi bahan alami sehat. Contohnya, apel, labu, kunyit, tomat, dan lain sebagainya.

Postur Tubuh

Best Health mengatakan bahwa sesak napas bisa Anda hindari dengan memperbaiki postur tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa postur tubuh yang buruk dapat menekan paru-paru sehingga saluran pernapasan pun terganggu.

Artinya, tubuh tak bisa mendapat jumlah oksigen yang dibutuhkan sehingga Anda pun merasa sesak napas dan tidak berenergi. Dengan mempraktikkan postur tubuh yang baik, tubuh Anda menjadi lebih mudah untuk mendapat oksigen sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru