Kesehatan Umum

5 Cara mengatasi pilek, mudah dan alami

Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:05 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi pilek, mudah dan alami

ILUSTRASI. Cara mengatasi pilek perlu segera dilakukan agar pekerjaan bisa terselesaikan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain membuat hidung tersumbat, biasanya pilek juga menyebabkan tenggorokan seseorang menjadi sakit dan gatal. Cara mengatasi pilek perlu segera Anda lakukan agar kegiatan Anda tak terganggu. Anda bisa melakukannya dengan beberapa hal di bawah ini.

Jangan Sampai Dehidrasi

Salah satu trik agar pilek cepat reda adalah dengan menghindari dehidrasi. Anda perlu minum banyak air putih agar hidung tak lagi tersumbat dan sakit tenggorokan bisa hilang. Selain air putih, Web MD (webmd.com) juga merekomendasikan kuah sup, teh herbal, atau jenis minuman lain agar tubuh tak dehidrasi.

Hirup Uap Panas

Cara mengatasi pilek selanjutnya adalah dengan menghirup uap panas. Pertama, siapkan air panas lalu tuangkan dalam sebuah wadah. Hadapkan wajah pada wadah tersebut, kemudian hirup uap panasnya.

Namun, Anda perlu berhati-hati agar wajah tak kena dengan air panas karena bisa melukai kulit. Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan humidifier. Letakkan humidifier di ruangan yang sering Anda gunakan. Dengan begitu, hidung tersumbat bisa mereda.

Baca Juga: 4 Cara terbaik mengatasi hidung tersumbat

Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan air garam bisa jadi cara mengatasi pilek.

Tenggorokan yang sakit akibat pilek bisa Anda redakan dengan air garam, lo. Caranya, larutkan ½ sdt garam ke dalam delapan ons air hangat. Lalu, gunakan larutan itu untuk berkumur. Anda bisa melakukan cara ini sebanayak empat kali dalam sehari sampai sakit tenggorokan mereda.

Selain menggunakan air garam, Web MD mengatakan bahwa rasa gatal juga bisa dikurangi dengan berkumur menggunakan air teh. Anda bisa menambahkan madu jika mau.

Istirahat

Pilek menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi penyakit. Anda bisa membantu tubuh Anda menghadapi infeksi tersebut dengan berisitirahat.

Saat istirahat, energi tubuh menjadi terpusat untuk menyembuhkan infeksi yang menyerang. Jika Anda merasa kedinginan, tak ada salahnya untuk menghangatkan diri dengan memakai selimut atau pakaian tebal.

Baca Juga: 3 Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Konsumsi Minuman Hangat

Hidung dan tenggorokan yang meradang karena pilek bisa Anda kurangi dengan mengonsumsi minuman hangat. Mengutip dari Web MD, Anda bisa minum campuran 1 sdt madu dengan 1 ons alkohol.

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol karena justru bisa membuat lapisan hidung dan tenggorokan meradang. Jika Anda tak bisa mengonsumsi alkohol, Anda bisa menggantinya dengan segelas teh herbal.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan pilek secara efektif

Editor: Belladina Biananda


Terbaru