Kesehatan Umum

4 Cara terbaik mengatasi hidung tersumbat

Rabu, 16 September 2020 | 10:48 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara terbaik mengatasi hidung tersumbat

ILUSTRASI. Beberapa hal efektif digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung mampat membuat tubuh menjadi tak nyaman, apalagi saat tidur di malam hari. Cara mengatasi hidung tersumbat bisa langsung Anda praktikkan agar kondisi Anda menjadi lebih baik.

Banyak orang yang beranggapan bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh banyaknya lendir yang menumpuk. Menurut Healthline, penyebab hidung tersumbat adalah pembuluh darah di sinus yang meradang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan iritasi tersebut terjadi. Mulai dari virus flu, alergi, hingga infeksi sinus. Apapun penyebabnya, cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini patut untuk dicoba.

Pakai Humidifier

Humidifer adalah cara cepat dan mudah untuk mengatasi sakit sinus dan hidung tersumbat. Alat ini mengubah air untuk meningkatkan kelembaban ruangan. Menghirup udara yang lembab bisa mengobati jaringan yang iritasi dan pembuluh darah yang bengkak.

Humidifier juga bermanfaat untuk mengurangi lendir dalam sinus sehingga pernapasan Anda menjadi lebih lega. Letakkan humidifier di ruangan yang Anda gunakan untuk beraktivitas.

Baca Juga: 3 Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Mandi dengan Air Panas

Mandi menggunakan air panas bisa jadi cara mengatasi hidung tersumbat. Uap dari air panas mengurangi inflamasi dan lendir dalam hidung. Cara ini membuat pernapasan menjadi lebih lega, meski dalam beberapa kasus hanya terjadi dalam waktu singkat.

Efek yang sama juga bisa Anda dapat dari mengirup uap panas dalam sebuah wadah. Healthline merekomendasikan, tuangkan air panas dalam sebuah wadah dan balutkan handuk di atas kepala. Lalu, hadapkan wajah pada wadah itu dan hirup uapnya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru