5 Cara Mengatasi Bibir Kering Ini Pakai Bahan-Bahan Alami

Senin, 10 Januari 2022 | 08:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara Mengatasi Bibir Kering Ini Pakai Bahan-Bahan Alami

ILUSTRASI. Cara mengatasi bibir kering bisa memakai bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi bibir yang kering tidak hanya mengganggu penampilan. Hal itu juga dapat meningkatkan risiko infeksi yang berbahaya untuk kesehatan. Untuk menghindari risiko tersebut, tak ada salahnya mencoba cara mengatasi bibir kering memakai bahan-bahan alami.

Ada beragam penyebab bibir kering yang bisa Anda alami. Faktor utamanya adalah tubuh yang kekurangan cairan. Maka dari itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum banyak air putih.

Selain kurang cairan, bibir kering juga bisa disebabkan oleh cuaca dingin dan kering, paparan sinar matahari, dan faktor yang lain. Sebenarnya, ada banyak produk perawatan bibir yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami berikut ini.

Madu

Madu kaya akan antibakteri yang bisa menyembuhkan kulit di bibir yang terluka. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mencampur madu dengan petroleum jelly. Oleskan madu pada bibir kemudian tumpuk dengan petroleum jelly. Biarkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan tisu basah sampai bersih.

Baca Juga: 5 Bahan yang Cocok Jadi Pelembab Bibir, Murah dan Mudah

Teh Hijau

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), teh hijau mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa dijadikan cara agar bibir tidak kering. Pertama, celupkan kantung teh hijau dalam air hangat selama beberapa menit. Setelah itu, tempelkan kantung teh pada bibir selama beberapa saat.

Timun

Timun jadi bahan alami berikutnya yang bisa Anda jadikan cara mengatasi bibir pecah-pecah. Selain menutrisi, timun juga mampu menghidrasi bibir Anda secara optimal. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah beberapa iris timun.

Gosokkan timun yang sudah Anda siapkan pada bibir selama beberapa menit. Jangan gosok terlalu kasar timun karena bisa menyebabkan iritasi. Diamkan dulu sisa gosokkan timun selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi bibir kering.

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Asam lemak yang terkandung dalam jenis minyak itu efektif menghidrasi kulit. Akhirnya, bibir menjadi lebih lembut dan sehat.

Anda perlu mencampur satu hingga dua tetes essential oil, seperti tea tree oil, dalam minyak kelapa. Essential oil digunakan untuk memaksimalkan manfaat minyak kelapa sehingga bibir kering dan pecah-pecah bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: 5 Bahan yang cocok Anda pakai sebagai pelembab bibir

Lidah Buaya

Jika Anda mencari cara mengatasi bibir kering, maka lidah buaya tidak boleh Anda lewatkan. Stylecraze mengatakan bahwa gel lidah buaya mampu merekatkan sel yang pecah sehingga kulit menjadi lebih lembut. selain itu, sel kulit mati juga bisa ikut terangkat sehingga kondisi bibir terawat.

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan lidah buaya sangat mudah. Aplikasikan gel lidah buaya pada bibir semalaman. Di pagi hari, bersihkan sisa gel yang masih menempel dengan air. Usahakan untuk melakukan hal itu secara rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

Selanjutnya: Registrasi Akun LTMPT Siswa Dimulai Sore Ini, Simak Kriteria SIswa yang Eligible

Editor: Belladina Biananda
Terbaru