5 Bahan yang cocok Anda pakai sebagai pelembab bibir

Selasa, 07 Desember 2021 | 15:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan yang cocok Anda pakai sebagai pelembab bibir

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai pelembab bibir.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelembab bibir berguna untuk mencegah kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Dengan begitu, risiko infeksi pun dapat Anda hindari. Selain memakai produk yang dijual di pasaran, memakai bahan alami juga bisa Anda coba.

Selain dehidrasi, bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Mulai dari paparan sinar matahari dan angin atau cuaca yang dingin dan kering. Kebiasaan Anda sehari-hari pun bisa menyebabkan bibir menjadi kering, lo.

Beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hentikan adalah membasahi bibir dengan air liur terlalu sering, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol. Penggunaan pasta gigi juga bisa membuat bibir iritasi. Begitu pula dengan jenis obat tertentu yang Anda minum.

Bibir yang kering dan pecah-pecah biasanya diatasi dengan memakai lip balm. Namun, hal itu bukan merupakan solusi jangka panjang. Alih-alih menggunakan lip balm, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Baca Juga: 5 Cara agar bibir tidak kering ini efektif, bisa pakai bahan alami

Petroleum Jelly

Selain bahan-bahan di atas, petroleum jelly juga bisa mengatasi bibir kering yang Anda alami. Petroleum jelly mampu mengembalikan kelembaban dan meningkatkan regenerasi kulit sehingga bibir menjadi lebih sehat. Anda bisa mengaplikasikan petroleum jelly beberapa kali dalam sehari.

Minyak Kelapa

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai pelembab bibir adalah minyak kelapa.

Bahan alami pertama yang berguna sebagai pelembab bibir adalah minyak kelapa. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), asam lemak dalam minyak kelapa mampu menghidrasi kulit dengan baik sehingga bibir menjadi lebih lembut.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak kelapa dengan tea tree oil. Gunakan campuran itu pada bibir lalu diamkan beberapa saat. Anda bisa memakainya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari atau biarkan semalaman saat Anda tidur.

Lidah Buaya

Pelembab bibir selanjutnya bisa Anda buat dengan memanfaatkan lidah buaya. Stylecraze mengatakan bahwa kandungan dalam lidah buaya mampu mengikat sel kulit yang mengelupas sehingga bibir terasa lebih lembut dan sehat.

Selain mengangkat sel kulit mati, lidah buaya juga memberikan efek menenangkan pada bibir. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya pada bibir kemudian diamkan selama semalaman. Ulangi langkah tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Ketahui perbedaan skincare dan make-up di sini, jangan keliru!

Timun

Gunakan timun sebagai pelembab bibir.

Tak hanya minyak kelapa, timun jadi bahan alami lainnya yang mampu mengatasi bibir kering. Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah, yaitu gosokkan irisan timun pada bibir secara perlahan selama satu hingga dua menit. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air.

Teh Hijau

Cara melembabkan bibir juga bisa Anda jajal dengan teh hijau. Anda perlu merebus kantung teh hijau selama beberapa menit terlebih dahulu lalu diamkan beberapa saat. Selanjutnya, letakkan teh hijau di atas bibir selama beberapa menit. Lakukan hal itu sebanyak satu kali dalam sehari.

Selanjutnya: PT PII beri penjaminan pemerintah pada proyek KPBU Jembatan Callender Hamilton

Editor: Belladina Biananda
Terbaru