kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,73   8,13   0.82%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Sila Coba


Kamis, 29 September 2022 / 14:20 WIB
5 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Sila Coba
ILUSTRASI. Cara alami yang efektif menurunkan gula darah, penderita diabetes silakan coba.


Sumber: Healthline,Healthline | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Berikut ini cara alami yang efektif menurunkan gula darah, penderita diabetes silakan coba.

Enggak usah minum obat, ada cara alami yang efektif untuk menurunkan gula darah penderita diabetes.

Gula darah tinggi bisa terjadi ketika tubuh tidak cukup atau secara efektif menggunakan insulin, yakni hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel Anda untuk energi.

Dan, gula darah tinggi atau hiperglikemia dikaitkan dengan diabetes.

Apalagi, berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.   

Prevalensi pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2%. Yang artinya, ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes pada 2020 lalu.  

Nah, berikut 5 cara efektif menurunkan kadar gula darah secara alami, cocok untuk penderita diabetes, mengutip Healthline:  

Baca Juga: Waspada Komplikasi Diabetes, Berikut 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi

1. Minum air dan tetap terhidrasi  

Minum cukup air bisa membantu Anda menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ini membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.  

Satu studi observasional menunjukkan, mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kadar gula darah tinggi.  

Minum air secara teratur membantu rehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan bisa mengurangi risiko diabetes. Ingatlah, air dan minuman non-kalori lainnya adalah yang terbaik.  

Minuman yang dimaniskan dengan gula meningkatkan glukosa darah, mendorong penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.  

2. Terapkan kontrol porsi  

Kontrol porsi membantu mengatur asupan kalori dan dapat membantu menjaga berat badan sedang. Akibatnya, manajemen berat badan meningkatkan kadar gula darah yang sehat dan telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2.  

Memantau ukuran porsi Anda juga membantu mengurangi asupan kalori dan lonjakan gula darah berikutnya. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk mengelola ukuran porsi:  

  • Ukur dan timbang porsinya  
  • Gunakan piring yang lebih kecil  
  • Hindari restoran makan sepuasnya  
  • Baca label makanan dan periksa ukuran porsi  
  • Buat jurnal makanan 
  • Makan perlahan 

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, Efektif Menurunkan Gula Darah Diabetes

3. Tingkatkan asupan serat Anda  

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Untuk alasan ini, ini mendorong peningkatan kadar gula darah secara bertahap.  

Selain itu, jenis serat yang Anda makan mungkin berperan. Ada dua jenis serat: tidak larut dan larut. Meskipun keduanya penting, serat larut secara eksplisit telah terbukti meningkatkan pengelolaan gula darah.  

Selain itu, diet tinggi serat bisa membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengurangi penurunan gula darah.  

Makanan yang mengandung serat tinggi antara lain:  

  • sayuran  
  • buah-buahan  
  • kacang-kacangan  
  • biji-bijian utuh  

Asupan serat harian yang disarankan adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Itu sekitar 14 gram untuk setiap 1.000 kalori. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Dapat Mencegah Gula Darah Tinggi, Cukup Ubah 3 Kebiasaan Berikut

4. Kelola asupan karbohidrat Anda  

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula (kebanyakan glukosa), dan kemudian insulin membantu tubuh Anda menggunakan dan menyimpan gula untuk energi.  

Ketika Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal, dan kadar glukosa darah bisa meningkat.  

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tentang ini. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengelola asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang Anda butuhkan.  

Beberapa penelitian menemukan, metode ini juga dapat membantu Anda merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya meningkatkan pengelolaan gula darah.  

Banyak penelitian juga menunjukkan, diet rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam jangka panjang.  

Baca Juga: Tak Perlu Obat, ini 3 Cara Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes di Pagi Hari

5. Berolahraga secara teratur  

Olahraga teratur bisa membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang moderat dan meningkatkan sensitivitas insulin.  

Peningkatan sensitivitas insulin berarti, sel-sel Anda lebih mampu menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah Anda.  

Olahraga juga membantu otot Anda menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.  

Jika Anda memiliki masalah dengan manajemen gula darah, Anda harus secara rutin memeriksa kadar Anda.  

Ini akan membantu Anda mempelajari bagaimana Anda merespons berbagai aktivitas dan menjaga kadar gula darah Anda agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

Bentuk latihan atau olahraga yang berguna termasuk angkat besi, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan banyak lagi. 

Itulah cara alami yang efektif menurunkan gula darah dan penderita diabetes silakan coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×