Kecantikan & Kebugaran

5 Bahan alami ini cocok jadi cara menghilangkan uban

Rabu, 31 Maret 2021 | 08:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan alami ini cocok jadi cara menghilangkan uban

ILUSTRASI. Lemon dan bahan alami lain bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan uban.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya menjadi tanda penuaan, uban juga bisa muncul karena faktor lain. Mulai dari kondisi kesehatan atau pola hidup yang kurang sehat. Supaya tampilan Anda tak terganggu, ada banyak cara menghilangkan uban yang bisa Anda coba.

Anda bisa menggunakan produk-produk yang dijual di pasaran. Namun, ada cara lain yang bisa Anda coba, lo. Bahan-bahan alami di sekitar Anda bisa digunakan untuk menyamarkan uban yang dimiliki. Meski demikian, Anda tetap perlu memerhatikan pola hidup, ya.

Mengutip dari The Fit Indian (thefitindian.com), kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebih dapat memunculkan uban dengan lebih cepat. Tak hanya itu, uban juga bisa muncul saat tubuh kekurangan nutrisi. Nah, saat kebiasaan itu berhenti, uban bisa hilang lebih cepat dengan bahan alami ini.

Minyak Almond dan Lemon

Minyak almond dan lemon mengandung berbagai macam nutrisi penting. Mulai dari antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan lain sebagainya. Tak hanya mengurangi jumlah uban, kombinasi bahan alami itu juga mampu mengatasi rambut bercabang dan membuat rambut lebih kuat dan sehat.

Cara menghilangkan uban dengan minyak almond dan lemon cukup mudah. Campur 2 sdm minyak almond dan 3 sdm lemon lalu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Setelah 30 menit, bilas dengan air.

Baca Juga: Tips menghilangkan uban, gunakan bahan alami ini

Lemon dan Bawang Merah

Tidak hanya dikombinasikan dengan minyak almond, lemon juga bisa Anda gabung dengan bawang merah untuk mengatasi uban. Selain itu, lemon dan bawang merah juga efektif mengatasi rambut rontok dan rambut berminyak.

Pertama, campur 3 sdt ekstrak bawang merah dengan 2 sdt air perasan lemon. Setelah teraduk rata, oleskan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan dulu selama 30 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cari penyubur rambut? 4 Bahan alami ini jawabannya

Pare dan Minyak Kelapa

Salah satu cara menghilangkan uban adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa dan pare.

The Fit Indian merekomendasikan pare dan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan uban yang bisa Anda coba. Anda perlu memotong pare menjadi ukuran kecil terlebih dahulu lalu jemur di bawah sinar matahari.

Setelah kering, rendam pare dalam minya kelapa selama tiga hari. Selanjutnya, rebus minyak yang masih berisi pare selama enam menit lalu saring untuk memisahkan minyak dan pare. Gunakan minyak tersebut sebelum tidur lalu bilas di pagi hari. Cobalah untuk menggunakan minyak itu tiga kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 4 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan kutu rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru