kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan kutu rambut


Rabu, 17 Maret 2021 / 08:14 WIB
4 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan kutu rambut


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kutu rambut merupakan salah satu jenis masalah yang cuup mengganggu. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun sering mengalaminya. Supaya masalah tak bertambah parah, ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang perlu Anda coba.

Keberadaan kutu membuat kulit kepala menjadi gatal. Jika hal itu dibiarkan, bukan tidak mungkin garukan Anda di kulit kepala mengalami infeksi. Agar kondisi Anda tak semakin parah, cobalah untuk memakai perawatan rambut yang dijual di pasaran.

Selain produk-produk tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang berada di sekitar Anda, lo. Tidak hanya mudah didapat, bahan alami juga cukup aman dan efektif membersihkan serangan kutu di rambut Anda.

Cuka dan Garam

Anda bisa memanfaatkan cuka dan garam sebagai obat pengusir kut. Mengutip dari The Healthy (thehealthy.com), garam berfungsi untuk membuat kutu dehidrasi, sementara cuka bekerja untuk membunuh kutu.

Kandungan dalam cuka akan mengurangi perekat yang dimiliki kutu sehingga lebih mudah untuk dibersihkan dari rambut dan kulit kepala. Anda hanya perlu menyemprotkan kombinasi bahan alami itu lalu diamkan dulu selama tiga menit. Setelah itu, sisir rambut untuk membersihkan kutu.

Baca Juga: Catat, inilah 5 penyebab munculnya uban di usia muda

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai tea tree oil. Menurut sebuah penelitian, 1% tea tree oil mampu membunuh sekitar 100 kutu dalam waktu 30 menit. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal itu.

Jika Anda tertarik untuk memakai tea tree oil, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan minyak almond atau minyak zaitun. Untuk menghindari reaksi alergi, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya.

Minyak Kelapa

Cara menghilangkan kutu rambut bisa Anda lakukan dengan minyak kelapa.

The Healthy merekomendasikan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda coba. Aplikasikan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan dulu selama minimal dua jam sebelum Anda membersihkan kutu-kutu yang mati.

Baca Juga: 3 Cara menghitamkan rambut, bisa pakai bahan alami

Mayones

Tahukah Anda bahwa mayones bisa dimanfaatkan untuk membunuh kutu di rambut? Anda hanya perlu mengaplikasikan mayones di seluruh kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap. Tujuannya agar seluruh kutu mati.

Anda bisa melakukannya selama semalaman. Di pagi hari, bersihkan rambut dengan sisir kutu. Jangan lupa untuk membersihkan mayones yang menempel di rambut dengan sampo yang biasa Anda gunakan.

Selanjutnya: 7 Manfaat cuka apel, dari menghilangkan ketombe sampai plak pada gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×