Kecantikan & Kebugaran

Cari penyubur rambut? 4 Bahan alami ini jawabannya

Jumat, 12 Februari 2021 | 11:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari penyubur rambut? 4 Bahan alami ini jawabannya

ILUSTRASI. Penyubur rambut bisa Anda dapat dari bahan-bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan rambut. Mulai dari kondisi pori-pori dan kulit kepala, hingga masalah lain yang mengganggu pertumbuhan rambut. Cobalah untuk memakai penyubur rambut dari bahan alami agar rambut Anda tumbuh lebat dan kuat.

Salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menumbuhkan rambut adalah minyak lavender. Mengutip dari Curly Nikki (curlynikki.com), antibakteri dalam minyak lavender berguna untuk membersihkan kulit kepala.

Selain minyak lavender, masih banyak bahan alami lain yang mudah untuk Anda gunakan. Misalnya, lidah buaya, bawang merah, dan lain sebagainya. Cobalah untuk memakainya secara rutin sehingga hasil yang maksimal bisa Anda rasakan.

Lidah Buaya

Tidak hanya mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, lidah buaya juga cocok digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut. Kandungan dalam bahan alami tersebut mampu menurunkan produksi sebum, minyak alami kulit yang dapat menimbulkan masalah.

Antibakteri dalam lidah buaya mampu membersihkan pori-pori kulit kepala yang tersumbat oleh sebum. Dengan begitu, pertumbuhan rambut bisa lebih maksimal. Anda bisa memijatkan gel lidah lidah buaya pada kulit kepala secara perlahan dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

Baca Juga: 4 Cara rambut tidak mengembang, bisa pakai bahan alami

Bawang Merah

Bawang merah bisa diolah menjadi penyubur rambut.

Curly Nikki merekomendasikan bawang merah sebagai penyubur rambut yang bisa Anda pakai. Meski memiliki bau menyengat, kandungan sulfur dalam bawang merah dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih cepat dan kuat.

Caranya, tumbuk beberapa bawang merah lalu peras supaya Anda mendapatkan ekstraknya. Setelah itu, gunakan ekstrak bawang merah pada kulit kepala dan seluruh area rambut selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Telur

Sama seperti bawang merah, telur bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan aliran darah di sekitar kulit kepala. Anda hanya perlu mengaplikasikan telur pada rambut dan kulit kepala selama 20 menit kemudian bilas dengan sampo dan air dingin.

Baca Juga: 4 Bahan ini efektif sebagai perawatan rambut rontok

Cuka Apel

Penyubur rambut juga bisa Anda dapat dari cuka apel, lo. Bahan alami tersebut mampu membersihkan berbagai macam kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kepala sehingga pH kulit kepala kembali normal.

Pertama, campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah rambut dicuci dengan sampo, gunakan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut. Beri sedikit pijatan agar cuka apel dapat terserap secara maksimal. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Selanjutnya: Catat, inilah 5 penyebab munculnya uban di usia muda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru