5 Aktivitas Fisik yang Efektif Membuang Lemak Perut

Rabu, 13 April 2022 | 16:24 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
5 Aktivitas Fisik yang Efektif Membuang Lemak Perut

ILUSTRASI. Perut rata


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda ingin memiliki perut rata tanpa lemak? Ini aktivitas fisik yang bisa membuat perut rata. 

Lemak di area perut menganggu penampilan dan membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri. 

Baca Juga: Lemak Perut Bergelambir Meningkatkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Tidak hanya itu, lemak perut juga menjadi gudang masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan lainnya. 

Mengutip dari FOOD NDTV, lemak perut alias lemak visceral merupakan lemak yang menumpuk di antara organ-organ tubuh seperti perut dan usus. 

Untuk menghilangkan lemak perut, Anda juga harus lebih banyak mengonsumsi serat. Anda juga harus membatasi jumlah asupan gula, konsumsi makanan tinggi lemak trans.

Anda juga harus mulai olahraga secara rutin. Anda bisa olahraga sekitar 30 menit setiap hari. 

Jalan kaki, jogging, dan berenang bisa menjadi olahraga yang bisa membantu membakar lemak perut.  

Selain melakukan olahraga kardio, beberapa jenis latihan di bawah ini bisa membantu membakar lemak perut. 

1. Plank 

Plank menjadi salah satu latihan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membakar lemak perut. 

Menurut Vinata Shetty, Pelatih CrossFit plank bermanfaat memperkuat otot daerah perut dan menopang tulang belakang. 

Untuk awal, Anda bisa melakukan plank selama 8-10 detik. Anda bisa mengulangi plank lima sampai enam kali. 

2. Side plank

Latihan ini bisa membantu mempertahankan postur tubuh, mengurangi stres pada tulang belakang, dan membantu mencegah masalah punggung. 

3. Sit up 

Sit up bisa membantu menguatkan otot perut. Anda bisa melakukan sit up 10 sampai 15 kali sebanyak empat kali setiap kali latihan. 

4. Russian Twist 

latihan russian twist membuat Anda merasakan otot perut bekerja. 

Untuk memulai latihan ini, Anda berbaring telentang di lantai terlebih dahulu. 

Sekarang, Anda tekuk lutut dan angkat tubuh bagian atas ke arah lutut. Anda akan membuat bentuk V imajiner dengan tubuh dan paha membentuk lengan V. 

Anda pegang lengan lurus di depan wajah. Anda putar perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya. 

Pastikan Anda bergerak dengan kekuatan otot perut dan bukan lengan Anda sendiri.

5. Crunches 

Latihan ini membangun daya tahan dan kekuatan otot perut. 

Anda berbaring telentang di lantai, letakkan tangan Anda di belakang kepala, tekuk lutut dan letakkan kaki Anda rata di tanah. 

Anda angkat tubuh bagian atas dari lantai, buang napas saat naik dan tarik napas saat turun. Anda Ulangi, selama beberapa menit dan rileks 

Baca Juga: 4 Teh yang Efektif Meratakan Perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru