4 Vitamin daya tahan tubuh terbaik agar Anda terhindar dari penyakit

Senin, 30 November 2020 | 14:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Vitamin daya tahan tubuh terbaik agar Anda terhindar dari penyakit

ILUSTRASI. Salah satu vitamin daya tahan tubuh adalah vitamin C yang bisa Anda dapat dari jeruk nipis.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sistem imun merupakan gerbang pertama yang perlu dilewati penyakit untuk menginfeksi tubuh manusia. Maka dari itu, Anda perlu menjaga sistem imun Anda. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh berikut ini.

Vitamin B6

Mengutip dari Insider (insider.com), vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel sistem imun yang penting. Vitamin B6 membantu tubuh untuk memproduksi sel T sehingga sel yang telah terinfeksi penyakit bisa dibersihkan. Jenis vitamin itu juga meningkatkan respons sistem imun tubuh.

Bagi wanita, usahakan untuk mengonsumsi 1.2 mg vitamin B6 per hari dan laki-laki 1.4 mg per hari. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi sumber vitamin B6 lebih dari 10 mg kecuali hal itu memang diresepkan oleh dokter Anda.

Vitamin C

Vitamin daya tahan tubuh selanjutnya yang perlu Anda konsumsi adalah vitamin C. Vitamin C mampu membasmi mikroba yang berbahaya. Contohnya bakteri atau virus yang menyebabkan flu atau pneumonia.

Baca Juga: Jaga kebugaran jasmani dan hindari stres selama pandemi

Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan produksi sel sistem imun, seperti sel darah putih. Jenis sel tersebut mampu membunuh bakteri dengan cara menyerapnya. Beberapa sumber makanan yang kaya vitamin C adalah brokoli, stroberi, bayam, dan paprika.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D berdampak buruk bagi sistem imun sehingga tubuh lebih mudah terserang bronkitis atau pneumonia. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi 400-800 IU vitamin D tiap hari.

Insider mengatakan bahwa vitamin D mampu meningkatkan jumlah makrofaga. Makrofaga adalah sel imun yang mencegah penyebaran penyakit dalam tubuh. Vitamin D juga mampu mengurangi produksi sitokin yang dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda jika jumlahnya berlebihan.

Baca Juga: 4 Manfaat kacang panjang ini berguna untuk kesehatan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakuka untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tiap hari. Anda bisa mendapatkannya dari berjemur di bawah sinar matahari, mengonsumsi suplemen vitamin D, atau mengonsumsi sumber makanan vitamin D. Misalnya, hati sapi, kuning telur, dan lain-lain.

Vitamin E

Vitamin E sebagai salah satu vitamin daya tahan tubuh bisa ditemukan dalam paprika.

Vitamin daya tahan tubuh selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah vitamin E. Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang membantu tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Beberapa sumber makanan yang kaya vitamin E adalah alpukat, paprika, dan kacang almond.

Selanjutnya: Inilah 7 manfaat bayam untuk kesehatan, bagus untuk kulit dan rambut

Editor: Belladina Biananda


Terbaru