Kesehatan Umum

4 Manfaat kacang panjang ini berguna untuk kesehatan

Selasa, 24 November 2020 | 12:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat kacang panjang ini berguna untuk kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat kacang panjang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Manfaat kacang panjang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram kacang panjang, Anda bisa mendapat 47 kalori, 8 gram karbohidrat, dan 3 gram protein. Nah, manfaat kacang panjang berikut ini bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh:

Menjaga kesehatan kulit

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan muncul di kulit Anda. Bagi sebagian orang, kemunculan tanda-tanda penuaan bisa mengganggu penampilan.

Nah, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C. Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak vitamin C.

Artinya, kemunculan kulit kusam, kerutan, dan tanda penuaan lainnya bisa Anda cegah. Tak hanya itu, vitamin C juga berguna untuk mengurangi kemerahan pada kulit.

Vitamin C memiliki kegunaan lain dalam tubuh, yaitu berguna untuk pembuluh darah, ligamen, dan tendon, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Antioksidan dalam kacang panjang juga berfungsi untuk mencegah penyakit kanker.

Baca Juga: Pandemi belum berakhir, ini cara meningkatkan daya tahan tubuh meski di rumah saja

Melawan radikal bebas

Radikal bebas terbentuk dalam tubuh sebagai zat sisa. Jika jumlahnya terlalu banyak dan menumpuk, radikal bebas bisa mengganggu kesehatan dan menimbulkan penyakit.

\Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, vitamin C dan antioksidan berguna untuk menghindari kondisi itu. Dengan menggunakan manfaat kacang panjang itu, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung, artritis, atau kanker.

Tak hanya perlu mengonsumsi kacang panjang secara rutin, menghindari kebiasaan buruk lain, misalnya merokok, juga penting untuk dilakukan.

Mengatasi gangguan tidur

Salah satu manfaat kacang panjang adalah membantu Anda mengatasi gangguan tidur.

Salah satu faktor yang menyebabkan gangguan tidur, seperti gelisah dan cemas, adalah tubuh yang kekurangan magnesium. Mineral tersebut berguna untuk menenangkan otak dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Dalam kacang panjang, Anda bisa mendapat 9,52% magnesium. Artinya, gangguan tidur Anda bisa teratasi dengan baik. Selain mengonsumsi kacang panjang, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan lain yang dapat mengganggu tidur, misalnya, kafein.

Baca Juga: 8 Makanan bergizi untuk ibu hamil

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat kacang panjang lain, menurut Healthbenefitstimes.com, adalah bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab, dalam kacang panjang ada tiamin yang membentuk otot dinding saluran pencernaan.

Tiamin juga membantu produksi asam hidroklorik yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dan penyerapan nutrisi. Saat tubuh menyerap nutrisi dengan baik, sistem imun tubuh juga meningkat sehingga Anda tak mudah terserang penyakit.

Selanjutnya: ‚ÄčInilah 4 manfaat kacang hijau bagi kesehatan dan efek sampingnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru