4 Tips memilih pelembab untuk kulit berjerawat

Kamis, 22 Oktober 2020 | 13:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Tips memilih pelembab untuk kulit berjerawat

ILUSTRASI. Ada beberapa hal yang perlu Anda tahu saat memilih pelembab untuk kulit berjerawat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya kulit kering, pemilik tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat pun membutuhkan pelembab. Tujuannya agar kulit terhidrasi dengan baik. Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa hal saat memilih pelembab untuk kulit berjerawat agar kondisinya tak semakin parah.

Bebas Minyak

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), sebaiknya kulit berjerawat menggunakan produk perawatan yang tidak mengandung minyak. Selain itu, pastikan pula produk perawatan yang Anda pakai memiliki label non-comedogenic atau non-acnegenic.

Artinya, produk yang Anda pakai tak menyebabkan pori-pori semakin tersumbat. Sedangkan produk bebas minyak Anda perlukan agar jumlah minyak alami yang diproduksi kulit tak semakin banyak. Jika Anda mencari pelembab dengan tekstur yang lebih ringan, cobalah untuk menggunakan losion.

Perhatikan Bahan Eksfoliasi

Sebaiknya, pilih pelembab untuk kulit berjerawat yang mengandung alpha-hydroxy acid atau AHA, asam salisilat, dan retinol. Kandungan tersebut mampu mengobati jerawat, apalagi jerawat batu.

Baca Juga: 5 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Namun, jika Anda memakai obat jerawat topikal, sebaiknya hindari pelembab yang mengandung bahan-bahan tersebut. Very Well Health merekomendasikan agar Anda memakai pelembab tanpa bahan eksfoliasi.

Tanpa Pewangi

Kulit berjerawat biasanya sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Untuk menghindari kondisi kulit yang semakin parah, hindari penggunaan pelembab yang mengandung pewangi (fragarance free). 

Pemakaian produk yang mengandung bahan itu justru memperburuk kondisi jerawat. Selain memilih produk perawatan yang tak mengandung pewangi, carilah produk hipoalergenik agar kulit tak mudah bereaksi.

Baca Juga: 3 Cara membuat masker tomat, bisa obati jerawat

Mengandung SPF

Tips selanjutnya untuk memilih pelembab untuk kulit berjerawat adalah yang mengandung SPF. Kandungan SPF penting untuk Anda perhatikan agar kulit Anda terjaga dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan penuaan dan kanker.

Selain itu, kandungan SPF juga penting bagi Anda yang sedang mengatasi jerawat dengan obat yang membuat sensitivitas kulit terhadap sinar matahari meningkat. Misalnya, benzoyl peroxide, retin-A, dan lain sebagainya.

Jika Anda masih kesulitan untuk memilih pelembab yang tepat, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter kulit. Biasanya, dokter akan memberi rekomendasi pelembab apa yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Selanjutnya: 4 Pilihan skincare untuk kulit berminyak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru