Kecantikan & Kebugaran

5 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Senin, 12 Oktober 2020 | 10:50 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bekas jerawat bisa memakai bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak sekali masalah kulit wajah yang bisa dialami oleh setiap orang. Salah satunya adalah bekas jerawat. Jika Anda memiliki masalah tersebut, cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami ini bisa dicoba.

Lidah Buaya

Lidah buaya cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena berbagai macam kandungan yang dimiliki. Mengutip dari Live Nobs, lidah buaya mengandung antioksidan untuk mengurangi kulit yang meradang dan kemerahan, serta astringen alami untuk membersihkan sel kulit mati dan minyak berlebih.

Minyak Kelapa

Bekas jerawat bisa tersamarkan jika Anda rutin menggunakan minyak kelapa. Minyak ini mengandung lemak omega yang mampu masuk ke lapisan kulit sehingga membuatnya lebih lembab.

Namun, pastikan untuk memakai minyak kelapa hanya di bagian wjaah tertentu. Menggunakan minyak kelapa secara berlebihan justru akan menimbulkan masalah lain yang tak Anda inginkan.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah, bisa menghilangkan jerawat

Cuka Apel

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan memakai cuka apel. Pertama, campurkan cuka apel dengan madu. Setelah diaduk hingga rata, oleskan pada bekas jerawat yang ingin dihilangkan dan diamkan selama 10 menit.

Anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar hasilnya terlihat lebih cepat dan maksimal. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, cuka apel juga cocok digunakan untuk mengobati jerawat yang baru muncul.

Live Nobs mengatakan, celupkan kapas ke cuka apel lalu ke sedikit air, kemudian oleskan pada jerawat. Hal itu berguna untuk mengurangi kemerahan jerawat dan mencegahnya menjadi lebih parah.

Madu

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa memakai madu.

Selain melembabkan, madu merupakan bahan alami yang mampu menstimulus regenerasi jaringan kulit yang baru. Artinya, bekas jerawat bisa tersamarkan jika Anda memakainya secara rutin. Agar kulit terlihat semakin lembut dan cerah, Anda bisa memakai madu bersama dengan kayu manis.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan

Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah dengan menggunakan lemon. Buah dengan rasa asam ini mengandung alpha-hydroxy acid atau AHA yang berfungsi untuk menyembuhkan masalah kulit.

Selain memunculkan pertumbuhan sel kulit baru, AHA juga mampu membuat kulit menjadi lebih elastis. Caranya, gunakan air perasan lemon pada bekas jerawat yang ingin dihilangkan lalu diamkan selama 15 menit.

Selanjutnya, bersihkan sisa air lemon dengan air dingin. Live Nobs mengingatkan agar Anda memakai pelembab dengan SPF karena lemon membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Selanjutnya: 3 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat, bisa pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru