4 Rekomendasi obat penambah darah dari bahan alami

Jumat, 28 Mei 2021 | 04:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat penambah darah dari bahan alami

ILUSTRASI. Buah delima bisa Anda gunakan sebagai obat penambah darah. Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis penyakit yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah penyakit kurang darah atau anemia. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mengonsumsi obat penambah darah. Selain obat yang dijual di apotek, anemia juga bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bahan alami, lo.

Selain kurang darah, anemia juga ditandai dengan jumlah hemoglobin yang sedikit. Padahal, hemoglobin dibutuhkan tubuh supaya oksigen bisa terdistribusi secara maksimal. Saat jumlah hemoglobin tak terpenuhi, tentu saja jaringan dan organ dalam tubuh tak berfungsi dengan optimal.

Akibatnya, Anda sering mengalami pusing, pingsan, warna kulit memucat, rambut rontok, sesak napas, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengatasi gejala-gejala tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berikut. Namun, jangan lupa untuk tetap konsultasi dengan dokter, ya.

Makanan Fermentasi

Mengutip dari Top 10 Home Remedies (top10homeremedies.com), makanan fermentasi mengandung mikroorganisme yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan begitu, berbagai macam nutrisi yang baik untuk darah bisa terserap maksimal.

Ada banyak jenis makanan fermentasi yang bisa Anda konsumsi. Misalnya, kimci atau yogurt. Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan itu secara rutin. Dengan begitu, tubuh Anda tak kekurangan darah sehingga kondisi kesehatan secara keseluruhan bisa terjaga.

Baca Juga: 4 Obat penambah darah ini dari bahan alami, apa saja?

Delima

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penambah darah adalah delima. Jenis buah itu memiliki zat besi, magneisum, dan mineral lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tak hanya itu, delima juga dipenuhi dengan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi sehingga jumlah sel darah merah bertambah.

Anda hanya perlu mengonsumsi satu buah delima berukuran sedang di pagi hari saat perut sedang ksosong. Selain itu, mengonsumsi jus delima yang ditambah dengan ½ sdt bubuk kayu manis dan 2 sdm madu juga bisa dijadikan pilihan.

Apel

Top 10 Home Remedies merekomendasikan apel supaya anemia bisa teratasi dengan baik. Konsumsi satu buah apel setiap hari. Dengan begitu, nutrisi yang terdapat dalam apel dapat memberikan efek pada kesehatan Anda.

Baca Juga: 5 Gejala anemia yang bisa Anda alami, bukan cuma gelisah

Pisang

Pisang termasuk salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat penambah darah.

Pisang adalah bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat penambah darah. Tak hanya mengandung banyak zat besi, nutrisi dalam buah pisang juga efektif meningkatkan produksi hemoglobin. Saat rutin dikonsumsi, tentu saja ada banyak manfaat pisang yang bisa Anda dapat.

Selanjutnya: Bisa mengatasi anemia, inilah 4 buah penambah darah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru