kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Obat penambah darah ini dari bahan alami, apa saja?


Rabu, 21 April 2021 / 11:51 WIB
4 Obat penambah darah ini dari bahan alami, apa saja?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan darah. Tentu saja hal itu dapat mengganggu aktivitas yang Anda miliki. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi obat penambah darah. Ada banyak jenis obat yang bisa Anda konsumsi, salah satunya dari bahan-bahan alami.

Jika Anemia tidak tertangani dengan baik, Anda menjadi lebih mudah lelah dan kulit Anda pucat. Tidak hanya itu, Anda menjadi sulit berkonsentrasi, bahkan mudah pingsan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan gejala anemia yang Anda alami.

Cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan alami ini secara rutin. Dengan begitu, jumlah darah dalam tubuh akan terkontrol. Namun, jika bahan alami ini tak memperbaiki kondisi Anda, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Vitamin B12

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 termasuk salah satu cara menambah darah yang bisa Anda coba. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin B12, seperti telur, bayam, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Jenis makanan penambah sel darah merah

Vitamin C

Selain vitamin B12, vitamin C juga termasuk obat penambah darah yang perlu Anda coba. Ada banyak jenis buah yang mengandung jenis vitamin itu. Misalnya, apel, jeruk bali, buah kiwi, dan lain sebagainya.

Dengan mengonsumsi sumber vitamin C secara rutin, penyerapan zat besi menjadi lebih maksimal sehingga jumlah darah pun meningkat. Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda menjadi lebih kuat terhadap infeksi berbagai penyakit.

Buah Bit

Tahukah Anda bahwa buah bit bisa dijadikan obat penambah darah? Stylecraze mengatakan bahwa buah bit mengandung banya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, folat, dan lain sebagainya.

Menurut sebuah penelitian, jumlah hemoglobin partisipan mengalami peningkatan setelah rutin mengonsumsi jus buah bit selama 20 hari. Supaya efeknya bisa lebih maksimal, cobalah untuk minum jus buah bit yang dicampur dengan jeruk nipis.

Baca Juga: Sangat kaya vitamin dan serat, manfaat jambu biji untuk kesehatan mengagumkan

Pisang

Pisang termasuk salah satu obat penambah darah yang bisa Anda coba.

Jika Anda mencari cara menambah jumlah darah dalam tubuh, tak ada salahnya untuk mengonsumsi banyak pisang. Sama seperti buah bit, pisang mengandung banyak nutrisi penting, seperti zat besi dan kalium. Nutrisi-nutrisi itu mampu menambah darah dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: 5 Gejala anemia yang bisa Anda alami, bukan cuma gelisah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×