Bisa mengatasi anemia, inilah 4 buah penambah darah

Jumat, 14 Mei 2021 | 16:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa mengatasi anemia, inilah 4 buah penambah darah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan darah. Salah satunya disebabkan karena tak ada cukup zat besi dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah penambah darah supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Saat tubuh kekurangan darah, suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh dapat terganggu. Hal itulah yang dapat menyebabkan tubuh Anda tak bisa berfungsi secara optimal. Biasanya, anemia ditandai dengan kesulitan berkonsentrasi, kulit terlihat pucat, bahkan mengakibatkan Anda sering pingsan.

Beberapa jenis buah berikut mengandung banyak vitamin C. dengan begitu, penyerapan zat besi dalam tubuh dapat meningkat. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam jenis buah ini juga berpengaruh baik pada kesehatan tubuh Anda.

Jeruk

Salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin C terbanyak adalah jeruk. NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa mengonsumsi jeruk setiap hari dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan begitu, jumlah darah dalam tubuh dapat meningkat.

Baca Juga: Mengenal anemia aplastik, ini penyebab dan gejalanya

Apel

Apel termasuk salah satu buah penambah darah yang bisa Anda coba. Jenis buah itu dipenuhi dengan berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Cobalah untuk mengonsumsi apel setiap hari, ya. Usahakan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya agar seluruh nutrisi bisa masuk ke tubuh Anda.

Delima

Delima adalah salah satu buah penambah darah.

Apakah Anda suka mengonsumsi delima? Jenis buah itu ternyata baik dikonsumsi penderita anemia, lo. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam delima. Mulai dari vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan zat besi.

Zat asam yang terkandung buah delima juga efektif meningkatkan penyerapan zat besi sehingga seluruh bagian tubuh bisa mendapat oksigen sesuai dengan kebutuhan. Cobalah untuk mengonsumsi satu gelas jus buah delima secara rutin.

Baca Juga: Tak hanya gelisah, ini 5 gejala anemia yang bisa Anda alami

Pisang

Jika Anda mencari buah penambah darah, maka pisang bisa Anda jadikan pilihan. Mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat meningkatkan produksi hemoglobin sehingga penyakit anemia bisa Anda atasi secara maksimal.

Tidak berhenti sampai di situ, buah pisang juga dipenuhi dengan nutrisi-nutrisi penting. Misalnya, zat besi dan vitamin B kompleks. Anda bisa mengkombinasikan pisang dengan bahan alami yang lain. Contohnya, Anda mengolah pisang menjadi salad atau smoothies.

Selanjutnya: 4 Obat penambah darah ini dari bahan alami, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru