Kesehatan Umum

4 Penyebab perut buncit yang bisa Anda alami

Jumat, 04 Desember 2020 | 11:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab perut buncit yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab perut buncit yang perlu Anda perhatikan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut buncit umumnya dialami oleh seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Namun, kondisi tersebut juga bisa dialami oleh orang-orang yang memiliki berat badan normal, lo. Berikut ini beberapa penyebab perut buncit yang bisa Anda alami.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebih secara terus-menerus bisa membuat perut terlihat semakin buncit. Mengutip dari Better Me (betterme.world), orang dewasa yang mengonsumsi banyak alkohol mengalami penambahan ukuran pinggang karena penumpukan lemak di sekitar perut.

Jika Anda ingin mengurangi lingkar perut atau bahkan ingin punya perut rata, Anda perlu memerhatikan jumlah alkohl yang Anda konsumsi setiap hari. Jika Anda kesulitan untuk berhenti mengonsumsi alkohol, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Genetik

Penyebab perut buncit tak hanya dari pola hidup yang Anda jalani, lo. Faktor genetik juga bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi tersebut. Jika genetik adalah penyebabnya, Anda membutuhkan aktivitas fisik dan nutrisi tertentu.

Baca Juga: Sayur untuk diet ini bisa mengecilkan perut buncit Anda

Peran dokter mungkin Anda butuhkan supaya perut buncit yang Anda miliki bisa teratasi dengan baik. Selain itu, usahakan untuk menjalankan pola hidup sehat semampu Anda. Dengan begitu, ukuran perut Anda bisa berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Stres

Stres bisa jadi salah satu penyebab perut buncit.

Tidak hanya buruk untuk kesehatan mental, stres yang berlangsung lama dan tidak ditangani dengan baik juga berpengaruh pada kondisi fisik. Jumlah kortisol berlebih yang muncul akibat stres menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut.

Untuk mengatasi penyebab perut buncit tersebut, Better Me merekomendasikan Anda untuk melakukan beberapa hal supaya stres yang Anda rasakan berkurang. Anda bisa melakukan meditasi, yoga, membuat jurnal, atau melakukan kegiatan lain yang menyenangkan.

Baca Juga: Cara cara mengecilkan perut buncit? 6 Sayur untuk diet ini jawabannya

Kembung

Selain beberapa hal di atas, perut buncit juga bisa terjadi karena jumlah gas berlebih dalam tubuh sehingga menyebabkan kembung. Kondisi tersebut biasanya terjadi setelah Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman.

Jika Anda tak ingin mengalami perut kembung, sebaiknya hindari brokoli, gandum, produk olahan susu, dan makanan berlemak. Namun, segera periksakan diri jika perut kembung Anda rasakan dalam jangka waktu yang lama karena bisa jadi ada masalah kesehatan lain yang sedang Anda alami.

Selanjutnya: 5 Buah untuk diet, bisa bakar lemak lebih cepat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru