4 Penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui, apa saja?

Senin, 21 Juni 2021 | 13:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui, apa saja?

ILUSTRASI. Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang jadi penyebab cegukan.

KONTAN.CO.ID - Cegukan memang hal yang biasa terjadi. Tapi, kondisi itu bisa jadi tanda ada masalah kesehatan jika berlangsung lama. Supaya bisa segera melakukan perawatan yang tepat, mengetahui penyebab cegukan penting Anda lakukan.

Mengutip dari Buoyhealth.com, cegukan terjadi saat diafragma kejang. Diafragma adalah salah satu jenis otot yang memisahkan dada dan perut serta berperan penting dalam pernapasan. Jika terus-menerus terjadi, kondisi itu bisa membuat Anda tidak nyaman.

Meski bisa hilang sendiri dalam waktu singkat, ada kasus di mana cegukan tak kunjung hilang. Bahkan kondisi tersebut dapat berlangsung selama beberapa bulan. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter agar cegukan bisa teratasi dengan baik.

Gangguan sistem pencernaan

Salah satu penyebab cegukan yang paling sering terjadi berhubungan dengan sistem pencernaan Anda. Misalnya, Anda makan dalam tempo yang terlalu cepat, heartburnyang muncul akibat asam lambung naik, dan mengonsumsi makanan pedas atau minuman berkarbonasi.

Tidak berhenti sampai di situ, kebiasaan mengunyah permen karet juga menyebabkan Anda sering mengalami cegukan. Saat mengunyah permen karet, ada banyak udara yang masuk ke sistem pencernaan. Hal itulah yang membuat diafragma mengejang sehingga cegukan terjadi.

Baca Juga: Mudah dilakukan, inilah 6 cara menghilangkan cegukan

Gangguan sistem pernapasan

Selain gangguan pada sistem pencernaan, Buoyhelath.com menyebutkan, cegukan juga bisa terjadi saat ada gangguan pada sistem pernapasan Anda. Misalnya, pertumbuhan tumor atau infeksi yang mengiritasi diafragma, batuk yang berlangsung dalam jangka waktu lama, hingga hernia hiatus.

Penyakit achalasia

Penyakit achalasia adalah salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan kerongkongan. Otot kerongkongan tak mampu melanjutkan makanan dan minuman yang Anda konsumsi menuju lambung. Akibatnya, makanan dan minuman kembali ke mulut Anda.

Meski jarang terjadi, Anda tetap perlu memerhatikan gejala penyakit achalasia. Mulai dari cegukan, heratburn, muncul rasa sakit di bawah tulang iga atau dada. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Hati-hati, ini 4 faktor yang bisa jadi penyebab cegukan

Penyebab cegukan lainnya

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa jadi salah satu penyebab cegukan.

Cegukan juga bisa terjadi karena berbagai macam faktor yang lain, lo. Mulai dari hamil, stres, konsumsi jenis obat tertentu, hingga terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Segera ubah pola hidup Anda yang kurang sehat agar cegukan tak terlalu sering Anda alami.

Selain itu, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Tips mudah mengatasi cegukan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru