Kesehatan Umum

Hati-hati, ini 4 faktor yang bisa jadi penyebab cegukan

Jumat, 07 Mei 2021 | 13:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati, ini 4 faktor yang bisa jadi penyebab cegukan

ILUSTRASI. Anda perlu berhati-hati terhadap penyebab cegukan supaya bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.


KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Salah satu cara menghilangkan cegukan yang efektif adalah dengan mengetahui penyebab cegukan.

Cegukan adalah kondisi di mana diafragma tiba-tiba mengejang saat Anda bernapas. Mengutip dari Hicc Away, ada dua jenis cegukan yang bisa terjadi.

Pertama, cegukan terus-menerus bisa terjadi karena penyakit tertentu. Kedua, cegukan juga bisa terjadi karena hal yang tidak terlalu serius.

Makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, mengonsumsi makanan pedas, dan merokok adalah beberapa penyebab cegukan yang bisa Anda kontrol sendiri.

Namun, Anda membutuhkan pertolongan dokter jika penyebab cegukan terus-menerus adalah beberapa penyakit di bawah ini:

Infeksi

Infeksi di tenggorokan dan bagian di sekitar dada dapat menyebabkan inflamasi. Hal itulah yang memicu kemunculan cegukan.

Beberapa penyakit itu adalah faringitis, bronkitis, pneumonia, dan lain sebagainya. Jika cegukan terus terjadi dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 5 Cara efektif menghilangkan cegukan yang bisa Anda coba

Gangguan saraf

Hicc Away menyebutkan, pusat sistem saraf di otak yang terganggu bisa mengakibatkan Anda cegukan. Biasanya, hal itu berkaitan dengan stroke di mana aliran darah menuju otak berkurang, bahkan berhenti.

Masalah tersebut akan semakin parah saat stroke terjadi di bagian medula atau batang otak yang menghubungkan otak dan sumsum tulang belakang. Kondisi lain yang menekan medula juga dapat mengakibatkan Anda terus mengalami cegukan.

Gangguan psikosomatik

Stres termasuk salah satu faktor penyebab cegukan yang bisa Anda alami.

Penyebab cegukan lain yang biasanya tidak disadari adalah gangguan psikosomatik atau biasa disebut dengan istilah psikogenik. Beberapa hal yang memicu psikogenik adalah stres, gangguan kecemasan, dan gangguan lain.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami cegukan dan gejala lain yang lebih parah.

Baca Juga: Catat, inilah penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui

Gangguan organ

Gangguan organ dalam tubuh, seperti liver dan ginjal, juga bisa menyebabkan cegukan, lo. Dua organ itu berfungsi untuk membersihkan zat racun dalam tubuh. Saat fungsinya tak berjalan seperti biasa, ada banyak zat racun yang menumpuk dalam tubuh Anda.

Selain itu, fungsi ginjal dan liver yang terganggu dapat mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, tentu saja kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa mengalami gangguan yang lebih parah.

Selanjutnya: Sangat menganggu saat puasa, ini cara menyembuhkan cegukan tanpa minum

Editor: Belladina Biananda
Terbaru