kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara efektif menghilangkan cegukan yang bisa Anda coba


Kamis, 04 Maret 2021 / 08:59 WIB
5 Cara efektif menghilangkan cegukan yang bisa Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang pernah mengalami cegukan. Kondisi itu bisa hilang dalam waktu singkat, tapi tak menutup kemungkinan berlangsung lebih lama. Supaya tubuh kembali nyaman dan aktivitas tak terganggu, cobalah berbagai cara menghilangkan cegukan.

Supaya cegukan tidak sering Anda alami, ada beberapa penyebab cegukan yang perlu Anda waspadai. Faktor-faktor yang dimaksud adalah minuman berkarbonasi atau mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, banyak makan dalam waktu singkat, dan permen karet.

Stres juga bisa jadi pemicu cegukan, lo. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa melakukan hobi, menulis jurnal, melakukan kegiatan relaksasi, atau berkonsultasi dengan dokter.

Umumnya, cegukan tidak berlangsung selama lebih dari 48 jam. Jadi, jika Anda mengalami kondisi itu dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Supaya cegukan bisa hilang lebih cepat, Anda juga bisa melakukan beberapa cara dalam artikel ini.

Baca Juga: Bayi cegukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Tutup Mulut dengan Tangan

Mengutip dari Reader’s Digest (readersdigest.ca), cobalah untuk menutup mulut lalu tetap bernapas seperti biasa menggunakan hidung. Anda bisa mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak sehingga cegukan bisa hilang lebih cepat.

Selain menutup mulut, cara menghentikan cegukan bisa Anda coba dengan menahan napas. Saat Anda melakukan hal itu, jumlah karbon dioksida akan menumpuk di paru-paru. Hal tersebut dapat membuat diafragma mengendur sehingga cegukan bisa teratasi.

Tutup Telinga

Tak hanya mulut, telinga pun perlu Anda tutup agar cegukan hilang. Gunakan jari Anda untuk menutup lubang telinga selama 20 hingga 30 detik. Anda bisa mengulangi cara itu beberapa kali sampai cegukan benar-benar hilang.

Minum Air Putih

Salah satu cara menghilangkan cegukan adalah dengan minum air putih.

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah minum air putih. Kontraksi kerongkongan saat menelan air putih dapat menekan diafragma yang mengejang saat cegukan. Cobalah untuk menelan sembilan hingga 10 tegukan air putih secara berturut-turut.

Baca Juga: Cegukan, gejala infeksi Virus Corona yang perlu Anda waspadai

Selai Kacang

Selai kacang bisa Anda jadikan obat cegukan, lo. Reader’s Digest mengatakan bahwa pola menelan dan bernapas akan terganggu saat Anda berusaha mengunyah dan melepaskan selai kacang yang menempel di gigi dan lidah. Cobalah untuk makan 1 sdm selai kacang supaya cegukan bisa segera hilang.

Madu

Selai selai kacang, madu pun berguna sebagai cara menghilangkan cegukan. Anda hanya perlu mencampur 1 sdm madu dengan segelas air hangat. Meminum campuran itu dapat mengganggu saraf vagus sehingga cegukan dapat berhenti.

Selanjutnya: 5 Penyebab sendawa yang perlu Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×