Tips mudah mengatasi cegukan

Rabu, 02 Juni 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tips mudah mengatasi cegukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan. Biasanya, kondisi itu bisa hilang sendiri. Namun, ada pula kasus di mana cegukan sulit berhenti. Jika Anda mengalami masalah itu, cobalah untuk mengatasinya dengan berbagai macam cara menghilangkan cegukan.

Cegukan terjadi saat diafragma menegang tanpa sadar. Mengutip dari Healthline (healthline.com), ada banyak penyebab cegukan yang perlu Anda waspadai. Mulai dari mengonsumsi minuman bersoda, makan atau minum dalam tempo yang terlalu cepat, hingga stres.

Namun, perlu diperhatikan jika cara mengatasi cegukan sebaiknya dilakukan jika cegukan baru terjadi dalam jangka waktu singkat. Jika cegukan terus terjadi selama lebih dari 48 jam, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Tahan Napas

Menahan napas bisa jadi salah satu cara menghilangkan cegukan yang bisa Anda praktikkan. Pertama, hirup banyak udara lalu tahan selama 10 hingga 20 detik. Setelah itu hembuskan napas secara perlahan. Ulangi sebanyak beberapa kali hingga cegukan benar-benar hilang.

Baca Juga: Begini cara mudah atasi cegukan selain dikagetin

Es Batu

Es batu juga bisa Anda jadikan obat cegukan, lo. Caranya, kulum sebuah batu selama beberapa saat. Ketika ukurannya mengecil, langsung telan es batu itu. Anda perlu memperkirakan ukuran es batu, ya. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk menelan es batu yang berukuran terlalu besar.

Madu dan Selai Kacang

Cara menghilangkan cegukan berikutnya yang direkomendasikan Healthline adalah madu dan selai kacang. Anda hanya perlu memasukkan satu sendok madu dan selai kacang. Biarkan jenis makanan itu menyatu dalam mulut sebelum Anda menelannya.

Gosok Leher

Menggosok leher bagian belakang termasuk salah satu cara menghentikan cegukan yang patut Anda coba. Kegiatan itu berfungsi untuk menstimulasi saraf frenikus sehingga cegukan bisa berkurang hingga akhirnya benar-benar reda.

Baca Juga: Bayi cegukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Teh Kamomil

Selain orang dewasa, anak-anak juga berisiko mengalami cegukan. Saat hal itu terjadi, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati cegukan adalah teh kamomil. Selain teh kamomil, Anda juga bisa memberikan teh peppermint pada anak-anak.

Lemon

Salah satu cara menghilangkan cegukan adalah dengan mengonsumsi lemon.

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk meredakan cegukan adalah lemon. Anda bisa menambahkan sedikit garam saat mengonsumsi lemon supaya cegukan bisa hilang lebih cepat. Setelah itu, jangan lupa untuk menyikat gigi supaya zat asam dari lemon tak merusak gigi.

Selanjutnya: 4 Faktor yang bisa jadi penyebab cegukan, waspada!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru