Kesehatan Umum

4 Obat herbal untuk batuk, bahannya mudah ditemukan

Kamis, 03 September 2020 | 10:14 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Obat herbal untuk batuk, bahannya mudah ditemukan

ILUSTRASI. Jahe bisa jadi obat herbal untuk batuk yang efektif.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi benda asing. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu jika terus dibiarkan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal itu, salah satunya menggunakan obat herbal untuk batuk.

Madu

Madu bisa dipakai sebagai obat herbal untuk batuk. Mengutip dari Medical News Today, madu lebih efektif meredakan batuk daripada obat batuk bernama dextromethorphan. Obat herbal untuk batuk bisa Anda buat dengan mencampurkan madu dengan air hangat (2 sdt).

Baca Juga: Kencur obat batuk herbal, begini cara dan aturan konsumsinya

Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk batuk ini sekali atau dua kali dalam sehari. Jangan berikan madu sebagai obat batuk pada anak berusia di bawah satu tahun.

Jahe

Jahe memiliki kandungan antiinflamasi yang bisa meredakan batuk dan mual. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa antiinflamasi pada jahe bisa menenangkan membran di saluran pernapasan sehingga cocok digunakan sebagai obat herbal untuk batuk.

Anda bisa membuat obat herbal untuk batuk dengan mencampurkan 20 – 40 g irisan jahe pada segelas air. Rebus campuran itu selama beberapa menit, lalu minum. Anda bisa menambahkan madu atau air lemon agar rasanya lebih enak.

Hindari Dehidrasi

Medical Bews Today mengatakan bahwa menghindari dehridasi adalah hal penting untuk mengobati batuk. Anda bisa mengonsumsi minuman hangat jika ada gejala lain yang muncul selain batuk, seperti flu, demam, sakit tenggorokan, dan lain-lain.

Minuman sebagai obat herbal untuk batuk ada beraneka ragam. Anda bisa minum air hangat, kuah sup, teh herbal, teh hitam tanpa kafein, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Daun sirih sebagai obat batuk herbal, begini cara menggunakannya

Air Garam

Anda bisa mencoba air garam sebagai obat herbal untuk batuk. Berkumur menggunakan air garam cocok sebagai obat herbal untuk batuk karena bisa mengurangi lendir yang menstimulus batuk. 

Campurkan ½ sdt garam dalam segelas air. Diamkan sebentar kemudian pakai untuk berkumur. Anda bisa menggunakan obat herbal untuk batuk ini beberapa kali dalam sehari hingga batuk Anda berkurang. Jangan berikan obat herbal untuk batuk ini pada anak-anak karena bisa tertelan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru