4 Obat herbal radang tenggorokan yang mudah ditemukan

Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat herbal radang tenggorokan yang mudah ditemukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit tenggorokan merupakan salah satu masalah yang membuat Anda tidak nyaman. Apalagi saat Anda menelan sesuatu. Supaya tidak bertambah parah, cobalah mengatasi hal itu dengan mengonsumsi obat herbal radang tenggorokan.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami dalam artikel hanya mengobati sementara. Jika batuk terus berlanjut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika batuk dibarengi dengan gejala lain yang lebih serius, seperti demam atau sakit kepala.

Anda perlu mengonsumsi bahan alami berikut ini secara rutin supaya radang tenggorokan bisa sembuh dengan lebih cepat. Selain mengobati radang tenggorokan, nutrisi dalam bahan alami juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Cuka Apel

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi cuka apel bisa meredakan radang tenggorokan? Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), kandungan dalam bahan alami itu efektif melawan bakteri yang menyebabkan iritasi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, campur 1 sdm cuka apel dalam segelas air. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu untuk menambah cita rasa. Karena mengandung zat asam tinggi, usahakan untuk tidak mengonsumsi cuka apel secara berlebihan.

Baca Juga: Cara mengatasi radang tenggorokan, 4 bahan alami yang bisa dipakai

Madu

Madu termasuk salah satu obat herbal radang tenggorokan.

Madu termasuk salah satu obat herbal radang tenggorokan yang mudah didapat. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang efektif mengurangi iritasi dan rasa sakit di bagian tenggorokan.

Lemon

Bahan alami lainnya untuk mengobati radang tenggorokan yang direkomendasikan Medical News Today adalah lemon. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam lemon efektif mengatasi rasa sakit pada tenggorokan akibat iritasi.

Tak hanya itu, mengonsumsi lemon juga mampu meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, kelembaban tenggorokan bisa tetap terjaga. Anda bisa mencampur air lemon dan madu pada segelas air lalu minum air campuran itu hingga sakit tenggorokan berkurang.

Baca Juga: 5 Obat herbal radang tenggorokan yang perlu dicoba

Garam

Air garam dapat Anda gunakan sebagai obat herbal radang tenggorokan, lo. Garam mampu menyerap air sehingga peradangan dapat berkurang. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam garam juga efektif melawan mikroba yang mengiritasi tenggorokan.

Anda perlu melarutkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan air garam itu untuk berkumur selama 30 detik. Supaya radang tenggorokan bisa sembuh dengan lebih cepat, tak ada salahnya untuk mengulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari.

Selanjutnya: Anda bisa mengalami 5 penyebab radang tenggorokan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru